An Analysis of Students’ Problems on Writing Descriptive Text at Ten Grade of SMA NU 1 Tarakan

Yayuk Febriani, Anin Hartiwi

Abstract


Penelitian ini menyelidiki tantangan yang dihadapi oleh siswa dalam pengembangan kemahiran
menulis teks deskriptif. Meskipun teks deskriptif adalah jenis teks yang tidak terlalu sulit, namun masih ada siswa yang masih menghadapi beberapa masalah dalam menulis teks deskriptif. Peneliti menggunakan tes menulis sebagai alat untuk mengumpulkan data dan bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA NU 1 Tarakan pada siswa kelas X. Penelitian ini menemukan masalah utama seperti pilihan kosakata dan leksikal yang terbatas, kesulitan memasukkan detail sensorik, dan masalah organisasi, kurangnya pemahaman elemen bahasa deskriptif, dan kurangnya kesadaran audiens. Hasil ini memberikan pemahaman yang berharga tentang dinamika kompleks dan tantangan yang dihadapi siswa dalam upaya linguistik kreatif ini. Hasil ini memberikan pemahaman yang berharga tentang dinamika kompleks dan tantangan yang dihadapi siswa dalam upaya linguistik kreatif ini. Pendidik dapat meningkatkan strategi pedagogis untuk mendorong penguasaan siswa dalam menulis deskriptif dengan memahami dan mengurangi kesulitan ini, yang akan menghasilkan peningkatan ekspresi kreatif dan kemampuan linguistik siswa.

Keywords


Kemampuan Menulis Siswa; Masalah Siswa; Teks Deskriptif

Full Text:

PDF

References


Batubara, M. H., Herwanis, D., & Safitriana, S. (2021). an Analysis of Student’S Error in Writing Ability Through Descriptive Text of Vii Grade of Smp N 4 Takengon. Jurnal As-Salam, 5(2), 110–119. https://doi.org/10.37249/assalam.v5i2.276

Ekasari, D. (2020). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Sindue Melalui Metode Mind Mapping. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(3), 17–23.

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.493

Husna, L., Zainil, & Rozimela, Y. (2013). An Analysis of Students’ Writing Skill in Descriptive Text. English Language Teaching (ELT), 1, 1–16.

Imawati, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teks Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif. E-Jurnal Literasi, 1(1), 53–63. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/85

Kholiq, A., & Luthfiyati, D. (2020). Tingkat Membaca Pemahaman Siswa Sma Kabupaten Lamongan. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(1), 17–32. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.3535

Permanasari, D. (2017). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2), 156–162. https://doi.org/10.26638/jp.444.2080




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v7i1.6637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com