PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DENGAN MEMANFAATKAN SMART APPS CREATOR

Melda Bit, Rustam Effendy Simamora, Hermansyah Hermansyah

Abstract


Media pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Matematika, khususnya dalam menarik minat dan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Matematika berbasis Android dengan memanfaatkan Smart Apps Creator 3, serta mengevaluasi validitas dan respon siswa terhadap media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, lembar validasi, dan angket. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini dinilai sangat baik oleh ahli materi dan media, serta mendapat respon positif dari siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan. Produk ini dapat digunakan dalam pembelajaran topik bilangan bulat di kelas VII, baik di dalam maupun di luar kelas.

 


Keywords


ADDIE, android, bilangan bulat, media pembelajaran.ADDIE; android; bilangan bulat; media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Amalia, S. (2022). Penggunaan media pembelajaran berbasis Android dengan Smart Apps Creator (SAC) untuk meningkatkan motivasi belajar biologi peserta didik di SMA Negeri 1 Krueng Barona. Jurnal Biology Education, 10(2), 1–12. https://doi.org/10.32672/jbe.v10i2.4988

Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. RajaGrafindo Persada.

Brier, J., & Jayanti. (2020). Manfaat dan hambatan dalam pelaksanaan sistem informasi. Jurnal Kesehatan Mahardika, 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Eileen. (2023, November 20). Contoh bilangan bulat kelas 7: Asah kemampuanmu dengan serunya. https://perpusteknik.com/contoh-soal-bilangan-bulat-kelas-7/

Fadhilah, H. (2023, November 20). 20 contoh soal bilangan bulat materi SMP kelas 7 beserta kunci jawabannya. https://www.haibunda.com/parenting/20230813210619-61-313089/20

Fauziah. (2022). Pengembangan multimedia interaktif berbasis aplikasi Smart Apps Creator untuk kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 12(2), 1–8. https://jurnal.pendidikandd.org/index.php/JPD/article/view/299

Fitriani, D., & Nurhasanah, L. (2021). Kesulitan belajar Matematika pada materi bilangan bulat di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 25–32.

Hakky, M. K., Wirasasmita, R. H., & Uska, M. Z. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android untuk siswa kelas X pada mata pelajaran sistem operasi. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1), 24–33. https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i1.868

Hamdani, M. F., & Priatna, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Android untuk siswa SMP/MTs dan SMA/MA. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(2), 163–173. https://doi.org/10.24014/juring.v4i2.12795

Hamzah, A. (2020). Metode penelitian & pengembangan (Research & Development). Literasi Nusantara.

Helly, A. M., Lagu, D. B., & Blegur, I. K. S. (2022). Pemanfaatan Smart Apps Creator sebagai media pembelajaran matematika berbasis Android. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 158–168. https://doi.org/10.28918/circle.v2i02.6101

Junaidi, J. (2019). Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Khasanah, K., & Rusman, R. (2021). Development of learning media based on Smart Apps Creator. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1006–1016. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.549

Kuswanto, J., & Radiansyah, F. (2018). Pengembangan media pembelajaran elektronik (e-learning) berbasis situs web untuk meningkatkan motivasi belajar koperasi siswa. Mathematic Education and Application Journal (META), 14(1), 1–13. https://doi.org/10.35334/meta.v1i1.845

Lijana. (2018). Respon siswa terhadap media pembelajaran komik pada materi ekologi di kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 7(3), 1–10. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i3.24511

Mardapi, D. (2018). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Parama Publishing.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7

NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). (2000). Principles and standards for school mathematics. NCTM.

Nugroho, R. A., & Suryani, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran Matematika berbasis Android. Jurnal Inovasi Teknologi

Pendidikan, 6(1), 64–73. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.23390

Nurhidayah, L., Siregar, H., & Octariani, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis open-ended berbantuan Smart Apps Creator untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs PP Mawaridussalam. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 8(2), 427–437. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3278

Nuryadi, N., & Khuzaini, N. (2017). Keefektifan media matematika virtual berbasis Teams Game Tournament ditinjau dari Cognitive Load Theory. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 57–68. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.370

Prastowo, A. (2012). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Diva Press.

Rahman, M., Ardiansyah, A., & Dewi, M. (2022). Analisis respon siswa dan guru terhadap pengembangan media pembelajaran flipbook online pada pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Batu. Jurnal Literasiologi, 8(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.365

Rusman. (2012). Belajar dan pembelajaran berbasis komputer: Mengembangkan profesional guru abad 21. Alfabeta.

Tosho, G. (2021). Matematika Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. Pusat Kurikulum dan Perbukuan. http://118.98.166.64/bukuteks/assets/uploads/pdf/Matematika-Bg-Kls_Vii_rev.pdf.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v8i1.6712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com