KAJIAN IMPLIKASI NEOLIBERAL PADA TENAGA PENDIDIK PERGURUAN TINGGI DALAM KONTEKS PERGESERAN PERAN: SEBUAH PERSPEKTIF EKONOMI

Yusuf Permana, Bhimo Rizky Samudro, Yogi Pasca Pratama, Agus Tri Darmawanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai kritik untuk pendidikan tinggi di Indonesia khususnya berfokus pada tenaga pendidik yang memiliki pola pikir yang pragmatis pada saat ini. Tenaga pendidik kemudian lalai dalam tugasnya dan meninggalkan hakikatnya sehingga menimbulkan berbagai dampak yang merubah pola perilakunya. Hal ini dilihat dari kaca mata ekonomi yaitu dengan peristiwa “trade off†yang memiiliki arti bahwa dibutuhkan sebuah pengorbanan untuk memperoleh ssesuatu yang lain.. Penelitian ini dikaji dengan metode deskriptif yang sifatnya memaparkan dengan pendekatan  analisis ini atau “content analisys†yang mendalami suatu informasi-informasi terkini mengenai Pendidikan tinggi. Kemudian dikaitkan dengan prinsip ekonomi politik CCC “Circular and Cumulative Causationâ€. Sebagai hasil adalah, memang benar adanya peristiwa trade off tersebut hal ini dibuktikan dengan aktifnya seorang tenaga pendidik untuk melakukan penelitian dan publikasi ilmiah agar dianggap produktif dan mendapatkan remunerasi dan jabatan. Dan akhirnya terjadi pergeseran peran dan fungsi seorang tenaga pendidik.

Keywords


Trade Off; Tenaga Pendidik; Pendidikan Tinggi

Full Text:

PDF

References


Burhan, Bungin, Metode Penelitian Kualitatif (Jakarta: Raja Grafindo, 2003), Hal. 147

Barahamin, Andre. 2015. Kegalauan Kritik terhadap Pendidikan Tinggi di Indonesia. (online), (http://www.indoprogress.com/2015/01/ kegalauan- kritik – terhadap – Pendidikan – tinggi – di – Indonesia, diakses 17 Oktober 2017)

Harian Detik.com. 2017. Dosen Ini Raih Travel Grant di Konferensi Penelitian Media. (online), (http://m.detik.com/news/berita/d-3567177/ dosen-ini-raih -travel-grant-di-konferensi-penelitian-media, diakses 17 Oktober 2017)

Imam Suprayogo, Tobroni, Metode Penelitian Sosial-Agama (Bandung: Pustaka Setia, 2003 ), hal 113

Musyaddad, Kholid. 2013. Problematika Pendidikan Di Indonesia. Journal Edu-Bio; Vol. 4

Mankiw, N. Gregory; Quah, E.; Wilson P. 2012. Pengantar Ekonomi Makro: Edisi Asia. Jakarta: Salemba Empat

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia:antara keinginan dan realita. Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245

Nazir. 1988. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia

O’hara, Philip Anthony. 2008. Principal of Circular and Cumulative Causation: Fusing Myrdalian and Kaldorian Growth an Development Dynamics.Journal of Economic issues, Vol. XLII No.2 pp375-387

Panuluh, Ladang Rampak. 2012. Menyongsong Indonesia. (online),

(https://www.caknun.com/2012/menyongsong-indonesia/ , diakses 18 Oktober 2017)

Pratama, Yogi Pasca. 2018. Penelitian Kualitatif: Modul Metode Pengumpulan Data. Riau: CV. Draft Media

Republik Indonesia. 2012. Undang-undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Lembaran Negara RI Tahun 2012, No. 5336. Sekretariat Negara. Jakarta

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v2i2.840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com