PELATIHAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN STRATEGI INDIVIDUAL LEARNING PLAN UNTUK SISWA SMP

Tri Cahyono

Abstract


Kemandirian belajar (self-directed learning) adalah salah satu faktor yang paling mempengaruhi prestasi belajar siswa. Kemandirian belajar (self-directed learning) merupakan kemampuan untuk mengatur dan mengelola belajarnya sendiri. Pengelolaan belajar yang didasarkan pada inisiatif sendiri memungkinkan siswa untuk belajar sesuai minat dan kemampuannya tanpa adanya paksaan dari pihak lain. Pengelolaan belajar yang baik akan berdampak signifikan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk menguji strategi individual learning plans sebagai media untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP. Individual learning plans dipilih karena metode perencanaan belajar ini memiliki keunggulan-keunggulan, seperti self instructional, stand alone, self contained, adaptive dan use friendly. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi individual learning plans mampu meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP secara signifikan. Penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan strategi ini terutama pada subjek dengan karakteristik yang berbeda.


Keywords


individual learning plan; kemandirian belajar; siswa SMP;

Full Text:

PDF

References


Bandura,A.1986. Social Foundation of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Englewood Cliffs,NJ: Prentice-Hall, Inc

Borg, R. & Gall, M.D. 1983. Educational Reseach.An Introduction. White Plain, New York: Longman, Inc

Fatchurahman.2012 Pengembangan Panduan Pelatihan Kesadaran Emosi Bagi Siswa SMP. Universitas Negeri Malang. Tesis: Tidak Diterbitkan

Hamilton, Mary.2009. Putting Words in Their Mouths: The Alignment of Identities with System Goals through the Use of Individual Learning Plans. British Educational Research Journal, v35 n2 p221-242 Apr 2009

Hidayah, Nur & Ramli, M. 2013. Pengembangan Model Konseling Kognitif Behavioral Online Untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning Siswa SMP. Universitas Negeri Malang. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M)

Hidayah, Nur. 2015. Cognitive Behavioral Cybercounseling to Improve Junior High School Student’s Self-Regulated Learning. International Journal of Academic Research. 7(4), 241-243

Hiemstra,R.1998. Self-Advocacy and Self-Directed Learning: A Potential Confluence for Enhanced Personal Empowerment. Makalah dalam SUNY Empire State College Conference, Rochester. (Online) . Http://home.twenty.rr.com/hiemstra/advocacy.html. Diakses 16 Februari 2016

Hiemstra, R.1982. Self-Directed Learning: Some Implications For Practice (CEP 2). Syracuse, NY: Syracuse University Printing Service. (ERIC Document Reproduction Service No. ED 262 259)

Hiemstra,R.2004. Self Directed Learning Lexicon. International Journal of Self Directed Learning. 1 (2): 1-6

Knowles, S.M.1975. Self Directed Learning. A Guide for Learners and Teachers. Englewood Cliffs : Prentice Hall Regent

Knowles, S.M.1980. The Adult Learner: A Neglected Species. Second Edition. Texas: Gulf Publishing Company, Houston

Knowles, S.M; Holton; E.F & Swanson,R.A.2005. The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development. (6th ed). Burlington, MA: Elsevier

Learning and Skills Improvement Service/LSIS. 2009. Individual learning plans in Foundation Learning. Published by the Learning and Skills Network on behalf of LSIS www.lsnlearning.org.uk

Long, H.B. 1989. Self Directed Learning. Emerging Theory and Practice. USA: Oklahoma Research and Center

Mclelland.1987. Human Motivation. New York : Cambridge University Press

Merriam, S.B. & Brockett, Ralph G. 2008. The Profession and Practice of Adult Education. Market Street, San Francisco: John Wiley & Sons, Inc

Purwono, Urip. 2008. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran. Badan Nasional Standart Pendidikan (BNSP). Jakarta

Rennie Center for Education Research & Policy. 2011. Student Learning Plans: Supporting Every Student’s Transition to College and Career. Cambridge, MA: Rennie Center for Education Research & Policy

Sakdiah, Halimatus.2013. Efektivitas Metode Pembelajaran Inkuiri Berbasis Web Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Universitas Negeri Malang. Desertasi: Tidak Diterbitkan

Steinberg,Laurence.2010. Adolecence 7th Edition. San Fransisco: Mc-Hill

Wahyuningsih,Diana.D.2014. Efektivitas Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Universitas Negeri Malang. Tesis : Tidak Diterbitkan

Wilkerson, Belinda J.2010. Career Interventions: Practices and Preferences of Southern New England High School Counselors Supporting Students' Individual Learning Plans. ProQuest LLC, Ed.D. Dissertation, Johnson & Wales University

Yuzarion. 2014. Model Teoretis Hubungan Sikap Orangtua Terhadap Anak, Sikap Guru Terhadap Siswa Dan Self-Regulated Learning Dengan Prestasi Belajar Siswa (Studi Faktor Yang Mempengaruhi Pretasi Belajar Siswa Sman Di Kota Malang. Universitas Negeri Malang. Desertasi : Tidak Diterbitkan




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v1i1.863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com