PENERAPAN MEMBACA NYARING CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI APERSEPSI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK
Abstract
berbasis pendidikan karakter sebagai apersepsi pada pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan membaca nyaring
buku cerita bergambar berbasis pendidikan karakter sebagai apersepsi pada pembelajaran tematik memiliki
dampak positif terhadap pengembangan karakter percaya diri siswa dan menciptakan suasana pembelajaran
yang menyenangkan bagi siswa. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya indikator karakter percaya diri oleh
keempat siswa SDN 037 Tarakan meliputi: berani maju ke depan kelas, berani menjawab pertanyaan dan
berani menyampaikan pendapat. Serta penerapan membaca nyaring buku cerita bergambar dalam kegiatan
apersepsi terbukti dapat memunculkan ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran dan menciptakan
suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Hal ini didukung dari hasil observasi pada kegiatan
apersepsi diperoleh data bahwa guru telah memenuhi keempat indikator kegiatan apersepsi meliputi: guru
menarik perhatian siswa dengan memperlihatkan buku cerita bergambar, guru menggunakan media cerita
bergambar dengan tepat, guru mengaitkan materi pembelajaran dengan isi cerita, guru menggunakan bahasa
lisan secara lancar dan jelas pada saat membaca cerita bergambar. Kemudian ditegaskan lagi dari hasil
wawancara yang dilakukan dengan kelima siswa diperoleh data bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan
membaca nyaring buku cerita bergambar sebagai apersepsi di awal pembelajaran menciptakan pembelajaran
yang menyenangkan bagi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhimah, Fefti Nur. 2014. Meningkatkan Rasa
Percaya Diri Anak melalui Cerita
Bergambar Pada Kelompok A di TK
Muslimat Sidoarjo. Jurnal
Pendidikan,Volume 3 Nomor 3. BMJ
(Internet). (Diunduh 2018 Maret 10);
Tersedia pada:
http://www.jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/in
dex.php/paud-teratai/article/.../8389
Adipta, Hendra., Maryeni., dan Hasanah,
Muakibatul. 2016. Pemanfaatan Buku Cerita
Bergambar sebagai Sumber Bacaan Siswa
SD. Jurnal Pendidikan, Volume 1, Nomor 5.
BMJ (Internet). (Diunduh 2018 Maret 10);
Tersedia pada:
http://www.journal.um.ac.id/index.php/jptpp
/article/view/6337/2706.
Apriliarini, Ditya. 2015. Peningkatan Percaya Diri
melalui Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran
IPS Siswa Kelas V SD Negeri Serang Kulon
Progo. BMJ (Internet). (Diunduh 2018
Maret 15); Tersedia pada:
http://eprints.uny.ac.id
Bua, Mety Toding., Santoso, Anang., Hasnah,
Maukibatul. 2016. Analisis minat membaca
permulaan dengan cerita bergambar di kelas
I sekolah dasar. Jurnal pendidikan, Volume
, Nomor 9. BMJ (Internet). (Diunduh 2018
Maret 10); Tersedia pada:
http://www.journal.um.ac.id/index.php/jptpp
/article/view/6744
Kompas Online. BMJ (Internet). (Diunduh 2018
Februari 4); Tersedia pada:
https://edukasi.kompas.com › News ›
Edukasi
Marlinawati, S. A. 2013. Meningkatkan Minat
Membaca Permulaan Melalui Media Buku
Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B
TK Pamardisiwi Madureso, Temanggung.
BMJ (Internet). (Diunduh 2018 April 2);
Tersedia pada: http://eprints.uny.ac.id.
Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian
Kualitatif. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung:
ALFABETA.
DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v2i1.876
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: 2599-3305
P-ISSN: 2615-4331
Contact Person:
Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd
Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Borneo Tarakan
Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
Email: ubthumaniora@gmail.com