IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TANA TIDUNG PADA KONSEP FOTOSINTESIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY RESPONSE INDEX (CRI)
Abstract
pada konsep fotosintesis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan metode survey. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu mengambil
semua populasi sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal pilihan
ganda dengan alasan terbuka yang disertai dengan alasan dan kolom CRI atau tingkat keyakinan siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat 34.18% siswa yang paham konsep, 9.69% siswa yang paham konsep
tapi tidak yakin, 36.37% siswa mengalami miskonsepsi, dan 19.59 siswa yang tidak mengetahui konsep.
Berdasarkan data yang diperoleh, siswa yang mengalami miskonsepsi adalah pada topik proses fotosintesis,
dimana jumlah pada kategori ini melebihi kategori yang lain. Miskonsepsi yang dialami siswa lebih banyak
terjadi pada informasi tentang gas yang dilepaskan oleh tumbuhan pada proses fotosintesis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ai. N.S. (2012). Evolusi Fotosintesis Pada Tumbuhan.
Jurnal Ilmiah Sains Vol.12. No.1
Ai. N.S. & Banyo. Y. (2011). Konsentrasi Klorofil Daun
Sebagai Indicator Kekurangan Air Pada Tanaman.
Jurnal Ilmiah Sains, Vol.11
Hasan. S. (1999). Misconception and Certainty of
Response Index (CRI). Journal internasional. Ed.
(5).
Hilyati. I. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Materi
Fotosintesis Menggunakan CAI (Computer
Assisted Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Kelas 5 Min Air Kuning Jembaran
Bali. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana
Malik Ibrahim Malang.
Laksana, D.N.L. (2016). Miskonsepsi dalam materi IPA
sekolah dasar.
Mustakim. T. A. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Siswa
Menggunakan Metode Certainty Of Response
Index (CRI) Pada Konsep Fotosintesis Dan
Respirasi Tumbuhan. Skripsi Universitas Islam
Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Purwanto.E. A. & Sulistyastuti. D. R. (2017). Metode
Penelitian Kualitatif. Ed.2 Cet. 1. Yogyakarta: PT.
Rajagrafindo Persada.
Suparno. P. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep
Dalam Pendidikan Fisika. Cet.2. Jakarta: PT.
Grasindo Anggota Ikapi.
Widodo. A, Rachmadiarti. M, & Hidayati Siti. N. (2016).
Ilmu Pengatahuan Alam. Cet.3. Ed.2016. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Widyasari, R. (2011). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dan
Guru Terhadap Konsep-Konsep IPA Kelas V
Semester 1 Digugus II Kecamatan Kartoharjo
Kabupaten Magetan. Skripsi PGSD Universitas
Negeri Malang
DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v2i1.877
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: 2599-3305
P-ISSN: 2615-4331
Contact Person:
Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd
Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Borneo Tarakan
Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
Email: ubthumaniora@gmail.com