IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TANA TIDUNG PADA KONSEP FOTOSINTESIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY RESPONSE INDEX (CRI)

Yuli Astri Yanti, Listiani Astri Listiani, Fitri Wijarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa di SMP Negeri 2 Tana Tidung mengalami miskonsepsi
pada konsep fotosintesis. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan metode survey. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu mengambil
semua populasi sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal pilihan
ganda dengan alasan terbuka yang disertai dengan alasan dan kolom CRI atau tingkat keyakinan siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat 34.18% siswa yang paham konsep, 9.69% siswa yang paham konsep
tapi tidak yakin, 36.37% siswa mengalami miskonsepsi, dan 19.59 siswa yang tidak mengetahui konsep.
Berdasarkan data yang diperoleh, siswa yang mengalami miskonsepsi adalah pada topik proses fotosintesis,
dimana jumlah pada kategori ini melebihi kategori yang lain. Miskonsepsi yang dialami siswa lebih banyak
terjadi pada informasi tentang gas yang dilepaskan oleh tumbuhan pada proses fotosintesis.

Keywords


Fotosintesis; Metode CRI; Miskonsepsi;

Full Text:

PDF

References


Ai. N.S. (2012). Evolusi Fotosintesis Pada Tumbuhan.

Jurnal Ilmiah Sains Vol.12. No.1

Ai. N.S. & Banyo. Y. (2011). Konsentrasi Klorofil Daun

Sebagai Indicator Kekurangan Air Pada Tanaman.

Jurnal Ilmiah Sains, Vol.11

Hasan. S. (1999). Misconception and Certainty of

Response Index (CRI). Journal internasional. Ed.

(5).

Hilyati. I. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Materi

Fotosintesis Menggunakan CAI (Computer

Assisted Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Kelas 5 Min Air Kuning Jembaran

Bali. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana

Malik Ibrahim Malang.

Laksana, D.N.L. (2016). Miskonsepsi dalam materi IPA

sekolah dasar.

Mustakim. T. A. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Siswa

Menggunakan Metode Certainty Of Response

Index (CRI) Pada Konsep Fotosintesis Dan

Respirasi Tumbuhan. Skripsi Universitas Islam

Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Purwanto.E. A. & Sulistyastuti. D. R. (2017). Metode

Penelitian Kualitatif. Ed.2 Cet. 1. Yogyakarta: PT.

Rajagrafindo Persada.

Suparno. P. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep

Dalam Pendidikan Fisika. Cet.2. Jakarta: PT.

Grasindo Anggota Ikapi.

Widodo. A, Rachmadiarti. M, & Hidayati Siti. N. (2016).

Ilmu Pengatahuan Alam. Cet.3. Ed.2016. Jakarta:

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Widyasari, R. (2011). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dan

Guru Terhadap Konsep-Konsep IPA Kelas V

Semester 1 Digugus II Kecamatan Kartoharjo

Kabupaten Magetan. Skripsi PGSD Universitas

Negeri Malang




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v2i1.877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com