HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA PADA PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN TARAKAN
Abstract
kelas XI di MAN Tarakan. Tipe penelitian adalah kuantitatif deskriptif menggunakan analisis uji korelasi product
moment dengan subjek penelitian siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan sebanyak 39 subjek. Instrument
penelitian pada variabel dukungan sosial teman sebaya menggunakan skala likert dibuat oleh peneliti dengan nilai
reliabilitas sebesar 0.892, pada variabel prestasi belajar menggunakan raport siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada
hubungan antara dukungan sosial teman sebaya pada prestasi belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri,
dengan koefisien korelasi sebesar (r=0,366; p<0,05) dan signifikansi sebesar 0,022<0,05.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aziz, M. A., Termedi, E., & Untung, S. H. (2015).
Hubungan antara kelompok teman sebaya
dengan prestasi belajar siswa SMKN. Jouenal of
mechanical engineering education, 233-238.
Bursal , M. (2016). Academic achievment and perceived
peer support among turkish student: gender and
preschool education impact. International
Electronic Journal of Elemnetary Education,
-612.
Cervone, D., & Pervin, A. L. (2012). Kepribadian; teori
dan penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.
Clemons, T.L. (2008). Underachieving gifted students:
A social cognitive model. The National
Research Centre on The Gifted and talented.
University of Virginia.
Desmita. (2012). Psikologi perkembangan peserta didik.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ernawati. (2014). Pengaruh pola asuh orangtua, interaksi
teman sebaya dan kecerdasan emosional
terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII
SMP negeri se-kecamatan mengwi. e-journal
Program Pascasarjana Universitas Pendidikan
Ganesha, 1-12.
Golsteyn, B. H., Non, A., & Zolitz, U. (2017). The
impact of peer personality on academic
achievment. Switzerland: University of Zurich.
Gotlieb, B. (1983). Social support strategies: guidenes
for mental health practice. London: Sage
Publication.
Hawadi, A. (2006). Akselerasi. Jakarta: Grasindo.
Khairat, M., & Adiyanti, M. (2015). Self-esteem dan
prestasi akademik sebagai prediktor subjective
well-being remaja awal. Gadjah Mada Journal
Of Psychology, 180-191.
Mattanah, J. F., & Brand, B. L. (2012). A social support
intervention and academic achievement in
college: does perceived loneliness mediate the
relationship. Journal of College Counseling, 22-
Mujiastuti, A. I., & Ilyasir, F. (2015). Pengaruh
pertemanan sebaya terhadap prestasi belajar
pendidikan agama islam siswa kelas XI SMA
negeri Sewon, Bantul Tahun Pelajaran
/2014. Literasi, 77-97.
Ormrod, J. E. (2008). Psikologi endidikan; membantu
siswa tumbuh dan berkembang.(6th Ed).
Terjemahan. Jakarta: Erlangga.
Patty, S., Wijono, S., & Setiawan, A. (2016). Hubungan
dukungan sosial teman sebaya kontrol diri dan
jenis kelamin dengan prestasi belajar siswa di
SMA kristen ypkpm ambon. Psikodimensia,
-235.
Sadulloh , U. (2015). Pengantar filsafat pendidikan.
Bandung: Alfabeta.
Santrock, J. (2009). Psikologi pendidikan (3Th Ed) Jilid
Jakarte: Salemba Humanika.
Sarafino, P. (2011). Health psychology:
biopsychological interactions (7th ed). Canada:
Jhon Wiley & Sons, Inc.
Sidiq, I. A. (2016). Pengaruh pergaulan teman sebaya
terhadap prestasi belajar matematika siswa
kelas V sekola dasar gugus gajah mada
kecamatan tanon kabupaten sragen.
Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang
mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sopiatin, P., & Sahrani, S. (2011). Psikologi belajar
dalam perspektif islam.
Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:
UNY Press.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan;
pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d.
Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v2i1.879
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: 2599-3305
P-ISSN: 2615-4331
Contact Person:
Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd
Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Borneo Tarakan
Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
Email: ubthumaniora@gmail.com