HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA PADA PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN TARAKAN

Riski Sovayunanto, Hendra Pribadi, Zul Arafah

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan prestasi belajar siswa
kelas XI di MAN Tarakan. Tipe penelitian adalah kuantitatif deskriptif menggunakan analisis uji korelasi product
moment dengan subjek penelitian siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan sebanyak 39 subjek. Instrument
penelitian pada variabel dukungan sosial teman sebaya menggunakan skala likert dibuat oleh peneliti dengan nilai
reliabilitas sebesar 0.892, pada variabel prestasi belajar menggunakan raport siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada
hubungan antara dukungan sosial teman sebaya pada prestasi belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri,
dengan koefisien korelasi sebesar (r=0,366; p<0,05) dan signifikansi sebesar 0,022<0,05.

Keywords


Dukungan Sosial; Teman Sebaya; Prestasi Belajar;

Full Text:

PDF

References


Aziz, M. A., Termedi, E., & Untung, S. H. (2015).

Hubungan antara kelompok teman sebaya

dengan prestasi belajar siswa SMKN. Jouenal of

mechanical engineering education, 233-238.

Bursal , M. (2016). Academic achievment and perceived

peer support among turkish student: gender and

preschool education impact. International

Electronic Journal of Elemnetary Education,

-612.

Cervone, D., & Pervin, A. L. (2012). Kepribadian; teori

dan penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.

Clemons, T.L. (2008). Underachieving gifted students:

A social cognitive model. The National

Research Centre on The Gifted and talented.

University of Virginia.

Desmita. (2012). Psikologi perkembangan peserta didik.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ernawati. (2014). Pengaruh pola asuh orangtua, interaksi

teman sebaya dan kecerdasan emosional

terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII

SMP negeri se-kecamatan mengwi. e-journal

Program Pascasarjana Universitas Pendidikan

Ganesha, 1-12.

Golsteyn, B. H., Non, A., & Zolitz, U. (2017). The

impact of peer personality on academic

achievment. Switzerland: University of Zurich.

Gotlieb, B. (1983). Social support strategies: guidenes

for mental health practice. London: Sage

Publication.

Hawadi, A. (2006). Akselerasi. Jakarta: Grasindo.

Khairat, M., & Adiyanti, M. (2015). Self-esteem dan

prestasi akademik sebagai prediktor subjective

well-being remaja awal. Gadjah Mada Journal

Of Psychology, 180-191.

Mattanah, J. F., & Brand, B. L. (2012). A social support

intervention and academic achievement in

college: does perceived loneliness mediate the

relationship. Journal of College Counseling, 22-

Mujiastuti, A. I., & Ilyasir, F. (2015). Pengaruh

pertemanan sebaya terhadap prestasi belajar

pendidikan agama islam siswa kelas XI SMA

negeri Sewon, Bantul Tahun Pelajaran

/2014. Literasi, 77-97.

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi endidikan; membantu

siswa tumbuh dan berkembang.(6th Ed).

Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Patty, S., Wijono, S., & Setiawan, A. (2016). Hubungan

dukungan sosial teman sebaya kontrol diri dan

jenis kelamin dengan prestasi belajar siswa di

SMA kristen ypkpm ambon. Psikodimensia,

-235.

Sadulloh , U. (2015). Pengantar filsafat pendidikan.

Bandung: Alfabeta.

Santrock, J. (2009). Psikologi pendidikan (3Th Ed) Jilid

Jakarte: Salemba Humanika.

Sarafino, P. (2011). Health psychology:

biopsychological interactions (7th ed). Canada:

Jhon Wiley & Sons, Inc.

Sidiq, I. A. (2016). Pengaruh pergaulan teman sebaya

terhadap prestasi belajar matematika siswa

kelas V sekola dasar gugus gajah mada

kecamatan tanon kabupaten sragen.

Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang

mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sopiatin, P., & Sahrani, S. (2011). Psikologi belajar

dalam perspektif islam.

Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:

UNY Press.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan;

pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d.

Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v2i1.879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com