PENGARUH ABU TERBANG (FLY ASH) PLTU SEKAYAN SEBAGAI SUBTITUSI PENGGANTI SEBAGIAN SEMEN PADA JUAT TEKAN MORTAR

Nofrisal Nofrisal, Sepry Rantesalu

Abstract


Pemanfaatan Abu Terbang (fly ash) terhadap mortar memiliki tujuan jangka panjang yaitu mengurangi permasalahan limbah hasil pembakaran batu bara dan mengurangi pencemaran emisi gas rumah kaca dengan menurunkan pemakaian semen secara signifikan dalam pembuatan produk mortar. Selain mengatasi permasalahan limbah, penelitian ini juga diharapkan memberikan kemanfaatan pada beton, karena fly ash yang memiliki kadar silika (SiO2) yang cukup tinggi telah terbukti memperbaiki sifat mekanis mortar sebagaimana studi pustaka yang telah ada. Penggunaan volume fly ash pada mortar adalah minimal 10% bahan pengikat/ semen digantikan oleh abu terbang sehingga secara signifikan meningkatkan pemakaian abu terbang. Dalam pembuatan mortar menggunakan cara yang identik dengan pembuatan mortar normal. Penelitian yang pernah dilakukan telah membuktikan bahwa penggunaan 50% fly ash sebagai pengganti semen pada mortar memenuhi standart mortar tipe N dengan perbandingan  semen : pasir adalah 1 : 6  menghasilkan kuat tekan yang setara dengan mortar normal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh abu terbang (fly ash) PLTU Sekayan terhadap kuat tekan mortar optimum dengan jumlah variasi fly ash 10%, 15%, 25%,dan 40%. Ada 2 (dua)  garis besar yang akan dilakukan dalam penelitian ini yang pertama yaitu melakukan pengujian sifat fisis terhadap agregat halus yang digunakan dalam campuran mortar sesuai dengan standar ASTM, yang kedua melakukan pengujian sifat mekanis yaitu uji kuat tekan benda uji mortar. Benda uji yang digunakan pada penelitian ini yaitu kubus,ukuran 5cmx5cmx5cm yang jumlahnya 6 benda uji untuk masing-masing variasi untuk pengujian kuat tekan. Pengujian kuat tekan dilakukan pada umur 7 hari dan 28 hari. Metode yang digunakan pada campuran mortar sesuai dengan SNI 15-3758-2004,SNI 03-6882-2002 dan SNI 15-2049-2004. Dari hasil penelitian dapat  disimpulkan  bahwa kuat tekan mortar dengan fly ash 15 %, 25 % dan 40 %  lebih  rendah  bila  dibandingkan   dengan kuat  tekan  mortar  tanpa  fly  ash  pada  umur  7 hari. Hal ini disebabkan  karena perilaku fly ash dalam   reaksi   hidrasi   berjalan   lambat. Sedangkan   pada   umur   28   hari,   kuat   tekan mortar dengan fly ash 10% dan 15% lebih tinggi  dibandingkan   dengan   mortar  tanpa  fly ash.   Fenomena   ini   disebabkan   oleh   kapur bebas hasil reaksi semen dan air akan bereaksi dengan  fly  ash  membentuk  senyawa tobermorite.


Keywords


Fly Ash; Limbah; Agregat; Mortar; Fisis; Mekanisme; Reaksi; Senyawa

Full Text:

PDF

References


Anonim, SNI-03-6825-2002, Metode Pengujian Kekuatan Tekan Mortar Semen, Badan Standar Nasional, Jakarta.

Anonim,SNI-03-6882-2002, Mortar untuk pasangan, Badan Standar Nasional, Jakarta.

Anonim, SNI 15-3758-2004, Semen masonry, Badan Standar Nasional, Jakarta.

Erlambang, 1997, Karakteristik Beton dengan Bahan Tambah Abu Terbang, Jurnal Yogyakarta.

Maryoto, 2003, Mix Design Mortar, PT. JayaReadymix, Semarang.

Wenno, 2014, Kuat tekan mortar dengan menggunakan abu terbang (fly ash) sebagai asal PLTU Amurang sebagai subtitusi parsial semen, Purwokerto.

Witarso, 2015, Pengaruh Penambahan Abu Terbang Pada Paving Block Berbahan Baku Tailing Asbuton, Jurnal Jalan Jembatan, Bandung.

Yatti, 1993, Penelitian Mutu Beton Abu Terbang pada Lingkungan yang Agresif (Pantai dan Laut), Jurnal Permukiman, Jakarta.

Agus Maryoto, 2008,Pengaruh Penggunaan High Volume Fly Ash Pada Kuat Tekan Mortar.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v3i1.1406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Borneo Saintek

Diterbitkan oleh:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Gedung Rektorat Lantai 3

Alamat: Jl. Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubtsaintek@gmail.com

View My Stats

  

Lisensi Creative Commons
Jurnal Borneo Saintek disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

toto macau