IDENTIFIKASI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS IX SMPN 12 KOTA TARAKAN
Abstract
Dalam pembelajaran matematika didukung oleh 2 faktor, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Salah satu faktor internal yang mendukung siswa dalam mempelajari matematika adalah kecerdasan logis matematis. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pada siswa kelas IX SMPN 12 Tarakan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kecerdasan logis matematis siswa kelas IX SMPN 12 Kota Tarakan. Metode penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh kecerdasan logis matematis siswa kelas IX SMPN 12 Tarakan berada pada kategori Tinggi sebesar 10%, Sedang 30% dan Rendah 60%. Siswa dengan kategori kecerdasan logis matematis tinggi mampu membuat klasifikasi tentang informasi-informasi, membadingkan informasi dan strategi untuk memecahkan masalah dengan tepat, mengolah bilangan-bilangan dan menggunakan pemikiran induktif maupun deduktif. Siswa dengan kategori kecerdasan logis matematis sedang, mmpu mengklasifikasi informasi-informasi, membandingkan informasi dan strategi untuk memecahkan masalah dengan tepat, tetapi masih kurang tepat dalam mengolah bilangan-bilangan dan mengungkapkan pemikiran induktif dan deduktif. Sedangkan siswa dengan kecerdasan logis matematis kategori rendah, kurang mampu untuk membuat klasifikasi tentang informasi-informasi, membadingkan informasi dan strategi untuk memecahkan masalah dengan tepat, mengolah bilangan-bilangan dan menggunakan pemikiran induktif maupun deduktif.
Keywords
Identifikasi, Kecerdasan Logis Matematis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v2i1.635
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Saintek