KAJIAN UNTUK MENENTUKAN VARIABEL RISIKO DOMINAN PADA KONTRAKTOR DI PROYEK PENINGKATAN JALAN BINALATUNG KOTA TARAKAN

Eko Prihartanto, Abil Huda

Abstract


Pengembangan wilayah di Kota Tarakan menjadi prioritas pembangunan. Peningkatan di Jalan Binalatung Kota Tarakan diLakukan dalam rangka mempermudah warga kelurahan pantai amal untuk dapat melaluinya dengan alat transportasi atau berjalan kaki untuk mempermudah dalam memenuhi kebutuhan. Fungsi jalan sebagai akses trasportasi darat memiliki peran penting karena itu selama proses pembangunan harus mengutamakan kualitas yang sesuai mutu rencana, Untuk mendapatkan kualitas yang sesuai mutu rencana diperlukan identifikasi risiko. Objek penelitian ini adalah Jalan Binalatung Kota Tarakan, koresponden berasal dari kontraktor pelaksana. metode yang digunakan adalah penyebaran kuesioner dan wawancara yang nantinya diolah dengan indeks risiko. Dari penelitian ini di identifikasi terdapat 41 Variabel dari 9 Kategori risiko pada peningkatan Jalan Binalatung Kota Tarakan yang dimiliki oleh kontraktor.


Keywords


Akses; Jalan; Transportasi; Risiko

Full Text:

PDF

References


Arya, Irla Gabriela, and Widi Hartono. 2017. Analisis Risiko Manajemen Material Dan Pengaruh. no. 36: 387–94.

Harahap, K., Nurcahyo, B. C., & Putri, E. Y. 2010. Analisa Risiko pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Nusa Dua - Ngurah Rai - Benoa, Bali. Jurnal Teknik Sipil FTSP ITS , 1-7.

Hillson, D. 2002. Extending The Risk Process to Manage Opportunities. International Journal of Project Management.

Mahadipta, N. G. 2010. Analisis Risiko Pada Proyek Pembangunan Sentral Parkir di Pasar Badung (tesis).Denpasar; Universitas Udayana.

Nata, I. G. 2015. Analisis Risiko Pembangunan Underpass Dewa Ruci. Denpasar: Universitas Udayana.

Noferi, Syafran. 2015. Analisa Faktor Risiko Pembangunan Jembatan Batu Rusa II Di Kota Pangkalpinang. Seminar Nasional Teknik Sipil V. Surakarta.

PMI. 2008. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide). Project Management Institute.

Prihartanto, E., & Bakri, M. D. 2017. Identification the Highest Risk of Performance Based Contract in Bojonegoro-Padangan Road Projects. The Third International Conference on Civil Engineering Research (ICCER) (hal. 128). Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November .

Rahmawati, Anastasia Widi, S Prodi, Manajemen Bisnis, Falkutas Ekonomi, and Universitas Telkom. 2014. Pengadaan Sarana (Studi Kasus PT.Kereta Api Indonesia (Persero), Bandung, Tahun 2014 Analysis Of Risk Assessment And Risk Treatment Toward The (Case Study on PT.Kereta Api Indonesia (Persero), Bandung , 2014 ).




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v1i3.930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Saintek

Diterbitkan oleh:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Gedung Rektorat Lantai 3

Alamat: Jl. Amal Lama No 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubtsaintek@gmail.com

View My Stats

  

Lisensi Creative Commons
Jurnal Borneo Saintek disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

toto macau