PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERKULIAHAN PDM BERBASIS BUKU TEKS UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Nurmala R, Maharani Izzatin

Abstract


Penelitian ini merupakan penilitian pengembangan  yang bertujuan  untuk  menghasilkan produk berupa bahan ajar  perkuliahan Pengantar Dasar Matematika berbasis buku teks yang layak untuk menumbuhkan kemandirian belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan. Pengembangan  bahan ajar  ini menggunakan model pengembangan yang  diadaptasi  dari  Sugiyono dengan  melalui beberapa tahap yaitu: tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain, tahap validasi pakar, tahap uji coba skala kecil dan besar, serta tahap uji efektifitas. Instrumen  yang  digunakan  untuk  mengumpulkan  data  dalam  penelitian pengembangan  ini  adalah  angket  dan  lembar observasi. Adapun hasil penelitiannya adalah produk yang dihasilkan berupa bahan ajar Pengantar Dasar Matematika berbasis teks layak digunakan dan dapat menumbuhkan kemandirian belajar mahasiswa pendidikan matematika. Hal ini berdasarkan analisis data para ahli yaitu ahli materi masing-masing diperoleh persentase 86,11% dengan kriteria sangat layak, ahli penyajian masing-masing diperoleh 84,38% dan 81,25% dengan kriteria sangat layak, dan ahli bahasa diperoleh persentase 87,5% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil analisis data tanggapan mahasiswa pada uji coba skala besar diperoleh bahwa sebanyak 80,33% yang menyatakan bahwa bahan ajar Pengantar Dasar Matematika berbasis buku teks sangat baik. Dan dengan menggunakan buku teks tersebut dapat menumbuhkan kemandirian belajar mahasiswa.

Keywords


Bahan Ajar; Kemandirian Belajar; Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Adiningsih, D. 2012. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UNY.

Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreaktif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyengkan. Yogyakarta: Diva. Press.

Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Diknas. 2004. Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Jakarta : Ditjen Dikdasmenum.

Heri Setyanto, 2015. Pengembangan LKS IPA Berbasis Problem Based Learning Tema Pencemaran Lingkungan Guna Menumbuhkan Kemandirian Siswa. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Mushlich ,mansur. Hakikat dan fungsi buku teks. http://www.snurmuslich.bloqspot. com/2008/10/04archive.html.hlm. 1, diakses 20 mei 2017.

Oni Pluntur Artiono, 2015. Pengembangan Buku Ajar Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme untuk Siswa Kelas V SDIT Internasional Luqman Al-Hakim Yogyakarta Kelas Bilingual. UNY.

Rusman. 2012. Model – model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v1i3.933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Saintek

slot dana

PODOMORO138 SEDAYU138 JALURDEWA MERAHBET