Pemanfaatan Material Lokal Sedimen Bendungan Batang Ilunng dalam Pembuatan Paving Block

Suryanti Suraja, Nurhasana Siregar

Abstract


Masalah endapan sedimen menjadi permasalahan pada setiap bendungan. Material sedimen dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan paving block. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, paving block dari bahan sedimen Bendungan Batang Ilung Sibagasi diuji kualitas mutunya. Sedimen pengganti sebagian pasir atau semen dengan variasi 5%, 10%, 15% dan waktu perendaman selama 7, 14 dan 28 hari. Ukuran cetakan paving block ialah 20 cm x 10 cm x 6 cm, Setiap variasi persentasi benda uji dibuat sebanyak tiga paving block. Pengujian kualitas bahan dilakukan dengan menguji ukuran butir dengan menggunakan fineness modulus dan gradasi, uji slump, uji berat jenis bahan. Sedangkan uji mutu paving block menggunakan alat kuat tekan hammer test. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui hubungan sedimen terhadap kuat tekan berupa metode regresi. Hasil uji bahan diperoleh fineness modulus sedimen bendungan batang ilung pada Zona 4, uji slump yang baik pada sedimen 15%, berat jenis sedimen 2,5.. Nilai kuat tekan paving block pada usia 28 hari pada pasir sedimen 5, 10 dan 15%  dan lama perendalam 28 hari ialah mutu parkir dengan kuat tekan 26,1 MPa, 24,2 MPa, 25,5MPa, sedangkan semen sedimen terdapat mutu parkir dengan masing-masing kuat tekan 25,9 MPa, 26,6 MPa, 24,8 MPa. Nilai korelasi R kuat tekan terhadap persentasi sedimen pasir 0,11 artinya hubungannya sangat rendah dan semen sedimen 0,54 artinya hubungannya sedang.Mutu Paving Block normal diperoleh mutu kenderaan dengan kuat tekan 35,2 MPa, ini meumunjukkan bahwa komposisi sedimen mempengaruhi mutu paving block menjadi menurun.


Keywords


Berat jenis; fineness modulus; kuat tekan

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional.1996. Paving Block (Bata Beton). SNI-03-0691-1996. BSN. Jakarta.

Badan Standar Nasional. 2000. Campuran Beton Normal. SNI-03-2834-2000.BSN. Jakarta.

Garde, R.J., Raju, K.G.R., 19 89. Mechanics of Sediment Transportation and Alluvial Stream Problems, Second Edition, Wiley Eastern Limited, Roorkee, India.

Hambali R, Apriyanti Y. 2016. Studi Karakteristik Sedimen dan Laju Sedimentasi Sungai Daeng-Kabupaten Bangka Barat, Jurnal Fropil, 4(2), 165-174.

Isnanda Y M C. Kajian Penggolontoran Semen dari Tampungan Waduk (Studi Model Fisik). Tesis. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta: 2019. Terdapat dari : http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/170152

Khairunnisa, S., & Andaryati. (2021). Pemanfaatan sedimen limbah saluran drainase perkotaan untuk paving block. Axial, Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Konstruksi, 9(2), 103–112. http://dx.doi.org/10.30742/axial.v9i2.1750

Muhamad, A. N. (2022). Pengaruh Subtitusi Sebagian Semen Menggunakan Abu Serbuk Kayu Mahoni Hasil Pembakaran Terhadap Mutu Paving Block. 1–145. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38997

Multazam, K. A., Saelan, P. 2015. Studi Mengenai Perancangan Komposisi Bahan dalam Campuran Mortar untuk Pembuatan Bata Beton (Paving Block). Reca Racana Jurnal Online Istitusi Teknologi Nasional. 1(1). 86-97.

Nuhun, R. S., Ahmad, S. N., Welendo, L., & Sugiyarto, T. (2019). The Effect of Sediment Powder Addition on Compressive Strength , Sodium Sulfate Resistance , and Water Absorption in Paving Block The Effect of Sediment Powder Addition on Compressive Strength , Sodium Sulfate Resistance , and Water Absorption in Paving B. June. https://www.ripublication.com/ijaer18/ijaerv13n21_32.pdf

Patriotika F, Pulungan SS, Siregar N. Uji kesesuaian Kuat Tekan Paving Block Menggunakan Bahan Dasar Sampah Plastik PETdan LDPE dengan SNI 03-0691-1996. Borneo Engineering: Jurnal Teknik Sipil. 2022; 6(3): 206-214. Tersedia dari: https://doi.org/10.35334/be.v1i1.2864

Ponce, V. M., 1989. Engineering Hydrology, Principles and Practice, Prentice-Hall Inc., New Jersey.

Siswoyo, E., Prayitno, A. H., Rahma, N. S., Lingkungan, J. T., Teknik, F., Indonesia, U. I., & Km, J. K. (2022). Paving Block Ramah Lingkungan Berbasis Lumpur Dari Instalasi Pengolahan Air Minum Environmentally Friendly Paving Block Based on Sludge of Drinking Water Treatment Plant. 9–15. http://jurnalpermukiman.pu.go.id/index.php/JP/article/download/367/pdf

Sugiyono, W. Statistik Penelitian. Edisi I. Bandung ; Alfabeta: 2002.

Tjokrodimuljo, K. Teknologi Beton, Yogyakarta; UGM Press: 1996

Wang L, Chen L, Tsang D, Li JS, Baek K, Hou D, Ding S, Poon CS. Recycling dredged sediment into fill materials, partition blocks, and paving blocks: Technical and economic assessment. Journal of Cleaner Production. 2018; 199: 69-76. Tersedia dari: https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.07.165




DOI: https://doi.org/10.35334/be.v7i2.4546

Copyright (c) 2023 Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published By :

Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, University of Borneo Tarakan

Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 77115, Indonesia
E-Mail : bejts@borneo.ac.id
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/borneoengineering
Telp : 087704518570 Faks. (0551) 2052558

All publications

by Borneo Engineering: Jurnal Teknik Sipil

are licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Borneo Engineering Indexed By:

GARUDA

 

 

 

Web Analytics

View My Stats