Analisa Kinerja Jalan dan Penerapan Zona Selamat Sekolah Pada Ruas Jalan Sendiri Desa Palewai
Abstract
Abstract
Â
Disruptions to the smooth flow of traffic are caused by various factors, including road crossers, public transport stopping and parking on the road, and areas designated for picking up and dropping off passengers. Inexperienced road users, such as students, are particularly vulnerable to traffic accidents. The aim of this study was to determine peak traffic volume, road crossing behaviour, and to develop a plan for implementing a school safety zone (ZoSS) in front of SDN 1 Palewai. The analysis of data using MKJI 1997 guidelines and Normal Distribution Statistics (Z Test) pertains to the Director General of Land Transportation Regulation No. SK. 3582/AJ 403/DRDJ/2018. The results indicate that the highest traffic flow volume (Q) was 151,8 smp/hour on Wednesday between 09.00 - 10.00 WITA. The analysis of road crossing behaviour characteristics reveals that the average Zhit value is 2,236. It has been concluded that the behaviour of students when crossing the road is classified as safe. This is because Zhit > Ztabel = 1,645. Additionally, the application of ZoSS planned at the research location is type (2/2UD) with one zebra crossing placed at the main gate of SDN 1 Palewai.
Keywords: Volume, Crossing, Road performance, ZoSS
Â
Abstrak
Â
Faktor penyebab terganggunya kelancaran arus lalulintas diakibatkan oleh adanya aktifitas penyebrang jalan, angkutan umum yang berhenti dan parkir di badan jalan, hingga tempat menaikkan dan menurunkan penumpang. Pelajar merupakan pengguna jalan yang kurang berpengalaman dan cenderung kurang hati-hati, sehingga pelajar seringkali menjadi korban kecelakaan lalulintas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui volume lalulintas puncak, perilaku penyebrang jalan, dan rencana untuk penerapan zona selamat sekolah (ZoSS) di depan SDN 1 Palewai. Analisa data menggunakan pedoman MKJI 1997 dan Statistik Distribusi Normal (Uji Z) mengacu pada Peraturan Dirjen Perhubungan Darat No. SK. 3582/AJ 403/DRDJ/2018. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa volume arus lalulintas (Q) tertinggi adalah 151,8 smp/jam pada hari Rabu pukul 09.00 – 10.00 WITA. Berdasarkan analisis data karakteristik perilaku penyeberang jalan, diketahui nilai Zhit rata-rata yaitu 2,236. Sehingga disimpulkan bahwa perilaku siswa saat menyeberang jalan tergolong sudah selamat, karena Zhit> Ztabel = 1,645 sedangkan penerapan ZoSS yang direncanakan pada lokasi penelitian adalah tipe (2/2UD) dengan 1 zebra cross yang di tempatkan pada pintu gerbang utama SDN 1 Palewai.
Kata kunci: Volume, Penyebrang, Kinerja jalan, ZoSSKeywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, I. P. 2012. Analisis Kinerja Ruas Jalan C. Simanjuntak Di Yogyakarta. Tugas Akhir, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. (tidak dipublikasikan).
Dirjen Perhubungan Darat, 2006, Uji Coba Penerapan Zona Selamat Sekolah, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.
Dirjen Perhubungan Darat, 2018, Pedoman Teknis Pemberian Prioritas Keselamatan Dan Kenyamanan Pejalan Kaki Pada Kawasan Sekolah Melalui Penyediaan Zona Selamat Sekolah, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.
Hidayat, T., Firmansyah, R. F., Ilham, M., Yazid, M. N. dan Rosyani, P. 2023. Analisis Kinerja Dan Peningkatan Kecepatan Deteksi Kendaraan Dalam Sistem Pengawasan Video Dengan Metode YOLO. JRIIN: Jurnal Riset Informatika Dan Inovasi, 1(2), hal. 504–509.
Junaidi, R., dan Haris, S. 2023. “Efektivitas Penerapan Zona Selamat Sekolah (ZoSS) Pada Kawasan SDN 005 Babakan Ciparay†dalam Prosiding FTSP Series 6 (Bandung, 15 – 16 Agustus 2023).
Siahan, D. 2022. Analisis Kinerja Jaringan Jalan (Studi Kasus: Jln. S. Parman Medan). Skripsi untuk derajat Sarjana Teknik Sipil, Universitas Medan Area (tidak dipublikasikan).
Departemen Perhubungan, 2009, Penyusunan Evaluasi Kinerja ZoSS dan Review Desain, Dirjen Perhubungan Darat, Jakarta.
Simanjuntak, J. O. 2023. Evaluasi Zona Selamat Sekolah (ZoSS) Di Kota Medan (Studi Kasus: Di Jalan Gajah Mada). Skripsi untuk derajat Sarjana Teknik Sipil, Universitas HKBP Nommensen Medan (tidak dipublikasikan)
Murwono, D. 2003. “Perencanaan Lingkungan Transportasiâ€, Bahan Kuliah, Magister Sistem dan Teknik Transportasi, UGM, Yogyakarta.
MKJI, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Maulana, A. T. 2012. Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Kaliurang KM 4,5 – KM 5,7. Tugas Akhir. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (tidak dipublikasikan).
Mustafa, H. 2000. Teknik Sampling [Online], Bandung. Tersedia: http://home.unpar.ac.id~HASAN/SAMPLING.
Purnama, A. 2023. Analisis Kinerja Zona Selamat Sekolah (Zoss) Di Kota Sumbawa. Skripsi untuk derajat Sarjana Teknik Sipil, Universitas Samawa (tidak dipublikasikan).
Sholahudin, F. S., Pangestuti, E. K., Kusumawardhani, R. dan Nugroho, U. 2023. Analisis Kebutuhan Zona Selamat Sekolah (Zoss) Di Ruas Jalan Taman Siswa, Sekaran, Kec. Gunungpati, Kota Semarang. Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan Dan Rekayasa Sipil, 6(2), hal. 119-125. ISSN: 2615-7195.
Sukirman, S. 1994. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Nova, Bandung.
Suweda, I W. 2009. Pentingnya Pengembangan Zona Selamat Sekolah Demi Keselamatan Bersama Di Jalan Raya (Suatu Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], Apr. 2009. ISSN 2541-5484.
Tamin dan Nahdalina, 1998. Analisis Kapasitas dan Tingkat Pelayanan Pada Ruas Jln. Margorejo Indah Surabaya.
Turnip, S. P. 2023. Evaluasi Zona Selamat Sekolah (ZoSS) di Kota Medan. Skripsi untuk derajat Sarjana Teknik Sipil, Universitas HKBP Nommensen Medan (tidak dipublikasikan).
US-HCM. 1994. Hubungan Antara Tingkat Pelayanan Karakteristik Arus Lalu-Lintas Dan Rasio Volume Terhadap Kapasitas.
DOI: https://doi.org/10.35334/be.v7i3.4963
Copyright (c) 2024 Borneo Engineering : Jurnal Teknik Sipil
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published By : Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, University of Borneo Tarakan Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 77115, Indonesia | All publications by Borneo Engineering: Jurnal Teknik Sipil are licensed under a |
Borneo Engineering Indexed By: