DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN PHYSICAL DISTANCING PADA TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA

Boenga NurCita, Tiwuk S Susantiningsih

Abstract


 

Pembelajaran jarak jauh menyebabkan tingkat kecemasan yang tinggi pada mahasiswa kedokteran. Pandemi covid-19 merupakan penyebab terjadinya perubahan metode pembelajaran. Metode ini bertujuan agar mahasiswa tetap melakukan proses pembelajaran dengan menerapkan physical distancing. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh dan physical distancing terhadap tingkat kecemasan mahasiswa dan mengetahui respon pada gelaja-gejala kecemasan mahasiswa. Desain penelitian yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kedokteran dengan jumlah populasi sebanyak 100 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan yakni di adaptasi dari Halmilton Anxiety Rating Scale (HARS) yang telah di modifikasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa mahasiswa kedokteran mengalami tingkat kecemasan berat (88%). Pada keseluruhan respon baik respon fisiologis, afektif, kognitif dan perilaku, persentase paling besar terdapat pada tingkat kecemasan berat dibandingkan tingkat kecemasan sedang, ringan dan tidak ada kecemasan. Namun ditinjau dari tingkat kecemasan berdasarkan respon atau gejala kecemasan, maka respon perilaku memiliki nilai terbesar pada tingkat kecemasan berat (72%) diikuti oleh respon kognitif (55%). Sedangkan pada respon afektif, tingkat kecemasan ringan memiliki persentase paling besar (29%) dibandingkan dengan respon perilaku (3%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran jarak jauh dan physical distancing dengan tingkat kecemasan mahasiswa dan respon atau gelaja kecemasan dapat menunjukan tingkat kecemasan yang dialami oleh mahasiswa. Penelitian selanjutnya diharapakan meneliti perbandingan tingkat kecemasan pada berbagai angkatan mahasiswa sehingga tingkat kecemasan yang terjadi dapat terdeteksi lebih awal.

 

Kata kunci: mahasiswa kedokteran, pandemi covid-19, pembelajaran jarak jauh, physical distancing, tingkat kecemasan


Keywords


mahasiswa kedokteran; pandemi covid-19; pembelajaran jarak jauh; physical distancing; tingkat kecemasan

References


Aleixandre-Benavent, R & Ferrer-Sapena, A. (2010). ¿Qué nos aportan las redes sociales?. Anuario ThinkEPI, (4), 217-223.

Anggraeni, N. (2015). Gambaran tingkat kecemasan pada mahasiswa tingkat tiga prodi D3 keperawatan dalam menghadapi uji kompetensi di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Keperawatan, 1 (2), 131-139.

Belanger, F. & Jordan, D.H. (2000). Evaluation and Implementation of Distance Learning: Technologies, Tools and Techniques. UK: Idea Group Publishing.

Bušelić, M. (2012). Distance Learning – concepts and contributions. Prethodno priopćenje, 23-34.

Chandratika, D. & Purnawati, S. 2014." Gangguan cemas pada mahasiswa semester I dan VII Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana". e-Jurnal Medika Udayana, 403414.

Chodijah, M., Nurjannah, D, S. A., Yuliyanti, Y. & Kamba, M, N, S. (2020). SEFT sebagai terapi mengatasi kecemasan menghadapi covid-19. Tasawuf Psikoterapi, Universitas Gunung Djati Bandung.

Farajollahi, M., Zare, H., Hormozi, M., Sarmadi, M. R. & Zarifsanaee. (2010). A conceptual model for effective distance learning in higher education. Turkish Online Journal of Distance Education. 11 (3), 63-77.

Hallion, L. S., Steinman, S. A. & Kusmierski. (2018). Difficulty concretrating in generalized anxiety disorder: An evaluation of incremental utility and relationshop to worry. Journal of Anxiety Disorder. 35, 39-45.

Kristianto, H., Wihastuti, T. A. & Almaris, R. (2013). Perbedaan tingkat kecemasan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas dengan pembagian kelompok berdasarkan metode friendship group dan random group di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Jurnal ilmu keperawatan, 1(2), 113-118.

Mc. Dowell, I. (2006). Measuring Health a guide to rating scale and questionaires, 3th ed. England: Oxford University Press.

McKay, D., Yang, H., Elhai, J. & Asmundson, G. J. G. (2020). Anxiety regarding contracting COVID-19 related to interoceptive anxiety sensations: The moderating role of disgust propensity and sensitivity. Journal of Anxiety Disorders, 73, 1-6.

Munir. (2009). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: CV Alfabeta.

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2005). Psikologi abnormal, Edisi Kelima, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Salazar, G. M. (2019). Impact of social networks on the educational training of the students in Mexico. Asian Journal of Distance Education, 14 (2), 58-70.

Stuart, G. W & Laraia, M. T. (2005). Princiles and Practice of phschiatric nursing 8th edition. Missouri: Mosby. INC.

Syah, M. (2008). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru, edisi revisi. Bandung: PT. Rosdakarya.

Taufik, A. (2019). Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jurnal pendidikan: Riset dan Konseptual, 3 (2), 2598-5175.

WHO. (2020). Coronavirus disease (COVID-19, April 28) advice for the public. Retrieved April 29, 2020, from https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public.




DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v3i1.1389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


BATMANTOTO

sbobet88

slot gacor 777

https://konserndx13tahun.com/

slot777

link slot online

situs toto slot

toto500

slot88

https://www.chespa.eu/kontakt/

ketuagacor

kenzototo2

situs toto

iptogel

situs toto

situs toto

bandar togel

slot777

Slot MAHJONGJP88

toto5000

slot gacor

Misteri Scatter Hitam di Meraktoto Terungkap, Dugaan Ada Campur Tangan Teknologi China

toto

TOTO SLOT

top1toto

situs slot gacor

slot88

slot gacor

Kenapa Scatter Hitam di Mahjong Ways Jadi Incaran Member Meraktoto? Ini Faktanya

toto macau

slot gacor

slot88

toto slot

sulebet

https://www.arista88.org/

birototo

slot gacor

depo 10k

untung99 login

situs judi bola

7dewa

sulebet

slot88

sbobet

situs303

spaceman

slot777

mahjong ways

SLOT GACOR

slot88

slot toto

slot gacor

toto5000

slot88

slot online

Koihoki

slot

slot gacor

toto

situs toto

toto slot

situs togel Thailand

slot online tergacor

slot gacor

Hoki99

coloktoto

Togel Online

slot terpercaya

bagustoto

coktogel

Bromoslot

MERAKTOTO Situs Slot Terlengkap: Lucky Neko dengan RTP LIVE PG SOFT 97.2%, Dapatkan Pengalaman Bermain yang Seru dan Raih Kemenangan Besar, Jangan Sampai Ketinggalan

pttogel daftar

meriah4d

torpedototo

Situs 88

situs slot

judi bola

KINGDOM357

osg168

slot

slot gacor

Coktogel

Slot88

toto togel

marettoto

unsurtoto

apriltoto

apriltoto

Slot Gacor

slot gacor

slot gacor

coktogel

kakaktogel

slot gacor

situs toto

togel

akun demo

slot gacor

junitoto

januaritoto

wiltoto

AMARTOTO

AMARTOTO

kingdom357

live123

toto slot gacor

slot gacor

batmantoto

rans303 slot

slot gacor

mahjong

slot88

laetoto

slot gacor

raja slot

slot gacor

situs slot gacor

slot88

https://netsurferkiosk.com/

mahjong

sbobet

slot

slot

bonus new member

slot gacor

slot gacor

slot

slot deposit 5000

slot gacor

slot gacor

mahjong ways 2

mahjong ways 2

zeus slot

slot zeus

demo slot

slot 1000

poker slot

petir388

https://sanlorenzoseminary.org/

judi slot

slot gacor

Pasaran Togel Lengkap

slot gacor

to288 daftar

slot

togel online

slot qris

iptogel79

toto

toto 4d

paito Sydney

hokijp168

slot

taruhan online

toto slot

slot777

https://summer.rpschool.gr/

slot

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Judi bola

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Judi bola

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Bet 200

POSTOTO787

POSTOTO787

POSTOTO787

slot gacor

POSTOTO787

Slot gacor

pohonemas

situs slot gacor

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif