EFEKTIFITAS PENYULUHAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PEREMPUAN TENTANG PENCEGAHAN KEPUTIHAN

Yogho Prastyo

Abstract


Salah satu masalah kesehatan reproduksi yang sering dialami oleh para remaja perempuan  adalah masalah keputihan (flour albus). Dampak pandemi Covid-19 memaksa pendidikan dan pembelajaran dilakukan secara daring termasuk pendidikan kesehatan dengan metode penyuluhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penyuluhan daring pada masa pandemi Covid-19 terhadap tingkat pengetahuan remaja perempuan tentang pencegahan keputihan. Jenis rancangan penelitian eksperimen yang digunakan adalah rancangan pra-eksperimen dengan rancangan One Group Pretest Posttest. Desain penyuluhan dalam bentuk interaktif, menggunakan melalui Zoom Meeting. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Borneo Tarakan TA 2020/2021. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan yaitu sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat pengetahuan baik menjadi sebanyak 51,6% responden. Sehingga disimpulkan  bahwa terdapat keefektifan penyuluhan daring pada masa pandemi Covid-19 terhadap tingkat pengetahuan remaja perempuan tentang pencegahan keputihan pada mahasiswa DIII Kebidanan Universitas Borneo Tarakan


Keywords


Remaja Perempuan; Pengetahuan; Keputihan; Covid-19; Daring

References


Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.

Firyal, R. A. (2020). Pembelajaran Daring dan Kebijakan New Normal Pemerintah. https://doi.org/10.31228/osf.io/yt6qs

Jawetz, E., Melnick, G. E., & Adelberg, C. A. (2008). Mikrobiologi kedokteran. Edisi I. Diterjemahkan oleh Penerjemah Bagian Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Kharisma, N., Roesminingsih, M., & Suhanadji, S. (2020). Gambaran Kebutuhan Pembelajaran Daring PKBM Budi Utama Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 15(1), 38-44. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um041v15i1p38-45

Kumalasari, I., & Andhyantoro, I. (2012). Kesehatan reproduksi untuk mahasiswa kebidanan dan keperawatan. Jakarta: Salemba Medika, 18-9.

Kusmiran, Eny,Reproduksi Remaja dan Wanita, (2012). Jakarta:Salemba Medika.

Notoatmodjo, S. (2007). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan.

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Wawan, A., M, Dewi (2010). Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika

Wong, D. L. (2009). Buku ajar keperawatan pediatrik vol 1 wong. EGC.




DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v3i2.1653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Of Borneo Holistic Health Indexed by:

 

JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : 085246694869

Email : borticalth@gmail.com

Laman : jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth

 

Lisensi Creative Commons
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.