GAMBARAN KEJADIAN HIPEREMESIS GRAVIDARUM DI BIDAN PRAKTEK MANDIRI ST. NILAWATI S.ST

Feby Purnamasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Kejadian Hiperemesis Gravidarum Berdasarkan Umur Ibu, Umur kehamilan Ibu, dan Gravida ibu di Bidan Praktek Mandiri ST. Nilawati S.ST. Penelitian ini adalah jenis penelitian survey dengan metode pendekatan deskriptif yang bermaksud memberikan gambaran tentang kejadian Hiperemesis Gravidarum pada ibu hamil. Pengambilan sampel dengan cara Non Random Sampel (Purposive Sampling) Adalah metode dengan menggunakan kriteria yang telah dipilih oleh peneliti dalam memilih. Kriteria yang ditentukan oleh peneliti yaitu ibu hamil dengan muntah yang terus menerus, nafsu makan yang berkurang, berat badan menurun. Data yang dikumpulkan berupa data sekunder yang diperoleh dengan mempelajari catatan atau laporan dan buku register di Bidan Praktek Mandiri ST.Nilawati S.ST. Data dianalisis dengan Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif dengan rumus dan Pengolahan data dilakukan secara manual dalam bentuk tabel frekuensi dan presentasi dengan penjelasan tabel dalam naskah atau narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adi kesimpulannya terdapat 51 (68%) kasus dengan kejadian hiperemesis gravidarum, yang berisiko tinggi berdasarkan umur ibu yaitu umur < 20 - >35 tahun, lebih banyak terjadi pada gravida 1 dan > 3, dan terjadi pada umur kehamilan < 16 minggu.


Keywords


Hipermesis Gravidarum; Umur Ibu; Umur kehamilan Ibu; dan Gravida ibu

References


Ali, S. (2018) Karakteristik Penderita Hiperemesis Gravidarum Yang Dirawat Inap di RSU Anutapura Palu Tahun 2018. Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat.

Andria. (2017). Pengetahuan Ibu Hamil Tentang hiperemesis Gravidarum di Rumah Sakit Umum Daerah Rokan Hulu. Prodi DIII Kebidanan Universitas Pasir Pengaraian .

Atika, I., Putra, H. K., & Thaib, S. H. (2016). Hubungan Hiperemesis Gravidarum dengan Usia Ibu, Usia Gestasi, Paritas, dan Pekerjaan pada Pasien Rawat Inap di RSUP Dr. Moh. Hoesin Palembang. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan: Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, 3(3), 166-171.

Cunningham FG, Gant NF, Leveno KL, Gilstrap III LC, Hauth JC, Wenstrom KD. (2006). Obstetrics William, Edisi ke‐21. Jakarta: EGC, hlm. 181‐213, 1424‐5

Handayani, S., & Aiman, U. (2018). Analisis Kejadian Hiperemesis Gravidarum (Heg) Berdasarkan Karakteristiknya. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 9(1).

Gunawan, K., Manengkei, P. S. K., & Ocviyanti, D. (2011). Diagnosis dan Tata Laksana Hiperemesisi Gravidarum. J Indon Med Assoc, Volum, 61.

Larasati, N., (2018). Gambaran Hiperemesis Gravidarum Di Rumah Sakit Umum Bogor Tahun 2018. Program studi diploma III kebidanan fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan masyarakat Universitas Madya Bogor

Nurnaningsih, N. (2012). Gambaran Faktor-Faktor Kejadian Hiperemesis Gravidarum pada Ibu Hamil Trimester Pertama di RSKDIA Siti Fatimah Makassar Tahun 2012 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Oktavia, L. (2016). Kejadian Hiperemisis Gravidarum Ditinjau dari Jarak Kehamilan dan Paritas. Jurnal Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(2), Hal-41.

Rahma, T. R. S. M. (2016). Asuhan pada Ibu Hamil Trimester I dengan Hiperemesis Gravidarum Tingkat I. Jurnal Bidan, 2(2), 234047.

Rofi'ah, S., Widatiningsih, S., & Arfiana, A. (2019). Studi Fenomenologi Kejadian Hiperemesis Gravidarum pada Ibu Hamil Trimester I. Jurnal Riset Kesehatan, 8(1), 41-52.

Saifuddin AB, Rachimhadi T, Winkjosastro GH. (2011). Ilmu Kebidanan, Sarwono Prawodihardjo. Edisi ke‐4. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawodihardjo.

Sumai, E., Keintjem, F., & Manueke, I. (2014). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian Hiperemesis gravidarum di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Sam Ratulangi Tondano Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara. JIDAN (Jurnal Ilmiah Bidan), 2(1), 61-65.

Wirakusumah, F. F., Martaadisoebrata, D., & Effendi, J. S. (2019, December). Obstetri Patologi: Ilmu Kesehatan Reproduksi. EGC.




DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v3i2.1672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Of Borneo Holistic Health Indexed by:

 

JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : 085246694869

Email : borticalth@gmail.com

Laman : jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth

 

Lisensi Creative Commons
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.