PENGETAHUAN ORANG TUA TERKAIT PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN YANG TERJADI PADA ANAK BALITA

Agus Khoirul Anam, Andi Hayyun Abiddin

Abstract


Suatu kecelakaan atau keadaan darurat dapat menimpa siapa saja, tidak diduga, dan dapat terjadi kapanpun tanpa peringatan terlebih dahulu. Hal tersebut bersifat Kedaruratan yang artinya keadaan harus cepat diatasi, diberi pertolongan pertama, sekalipun belum tentu gawat yang mengancam jiwa. Tujuan penelitian menggambarkan pengetahuan orang tua tentang penatalaksanaan pemberian pertolongan pertama pada kecelakaan yang terjadi pada anak balita di rumah di Kelurahan Bendogerit Wilayah UPTD Kesehatan Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Metode penelitian menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 55, diambil menggunakan teknik quota sampling. Hasil penelitian didapatkan responden memiliki tingkat pengetahuan baik sebanyak 35 orang (63.6 %), cukup sebanyak 32.7% (18 orangtua) dan kurang sebanyak 3.6% sebanyak (2 orangtua). Pengetahuan orangtua kurang dalam penatalaksanaan pertolongan pertama pada luka bakar, pengawasan anak saat bermain, dan penatalaksanaan pertolongan pertama saat tersengat listrik. Pemahaman prosedur mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan di rumah perlu dikuasai orangtua agar dapat menurunkan resiko cedera pada anak balita.


Keywords


Pengetahuan, Orang tua, Kecelakaan, Anak

References


Alfianur, A. (2020). Pengetahuan Tentang Covid 19 Mahasiswa Keperawatan Universitas Borneo Tarakan. Journal of Borneo Holistic Health, 3(2).

Budi, U. (2012). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Ibu Terhadap Kejadian Kecelakaan Balita Di Lingkungan Rumah Tangga Di Kecamatan Lawang Jawa Timur.

Daud, T., & Felizita, E. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Pencegahan Kecelakaan Pada Balita (Anticipatory Guidance) Di Wilayah Kerja Puskesmas Basuki Rahmad Kota Bengkulu Tahun 2016. Journal of Nursing and Public Health, 5(1), 11-15.

Dewi, A. W. M. (2012). Teori danPengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Nuha Medika.

Eva, T. P. (2013). P3K Untuk Anak-Anak. We R Mommies Indonesia, Jakarta.

Hetty, N. (2020). Hubungan Pengetahuan Perawat Tentang Kegawatdaruratan Dengan Penanganan Primary Survey Pada Pasien Cedera Kepala Di Igd Rs Muhammadiyah Lamongan. Universitas Muhammadiyah Lamongan.

Purwoko, H. (2016). Pertolongan Pertama untuk Anak.

Rachmawati, D. (2020). Assessment Dan Manajemen Trauma Pada Anak. Journal of Borneo Holistic Health, 3(2).

Saputro, W. W., & Jadmiko, A. W. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Di Smk Negeri 1 Mojosongo Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setijaningsih, T. (2020). Gambaran Pertolongan Pertama Dalam Keluarga Pada Penanganan Balita Diare Di Poli Mtbs Uptd Puskesmas Se-Kota Blitar. Journal of Borneo Holistic Health, 3(2).

Sumadi, P., Laksmi, I. A. A., Putra, P. W. K., & Suprapta, M. A. (2020). Pengaruh Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Terhadap Pengetahuan Penanganan Fraktur Pada Anggota PMR Di SMP Negeri 2 Kuta Utara. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1).

Syihabuddin, R. (2018). Hubungan antara pengalaman, pengetahuan dan pelatihan dengan kesiapsiagaan tanggap darurat kebakaran di warehouse PT. VSL Indonesia. Universitas Binawan.

Winarti, W. (2019). Determinan Pengetahuan BHD dan Pertolongan Pertama Pada Guru Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Health Development, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v4i1.1857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Of Borneo Holistic Health Indexed by:

 

JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : 085246694869

Email : borticalth@gmail.com

Laman : jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth

 

Lisensi Creative Commons
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.