PERTOLONGAN PERTAMA POLISI LALU LINTAS PADA KORBAN KECELAKAAN YANG MENGALAMI CEDERA KEPALA DI WILAYAH POLRES BLITAR

Dewi Rachmawati

Abstract


Cedera kepala merupakan salah satu dampak kecelakaan lalu lintas yang terbanyak dan penyebab utama kematian maupun kecacatan bagi pengendara sepeda motor. Oleh karena itu perlu penanganan dan pertolongan pertama secara tepat guna meminimalisir angka kematian dan cedera. Tujuan dari studi kasus ini adalah menggambarkan pertolongan pertama polisi lalu lintas pada korban kecelakaan yang mengalami cedera kepala di wilayah Polres Blitar. Rancangan studi kasus ini menggunakan metode pendekatan deskriptif. Partisipan studi kasus ini sebanyak 5 polisi lalu lintas. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Waktu pengumpulan data dilaksanakan 27 Maret – 19 April 2019 dengan lokasi di Polres Blitar. Hasil penelitian berdasarkan wawancara tindakan pertolongan pertama polisi lalu lintas meliputi datang ke TKP, memastikan aman lingkungan, aman diri, memastikan kesadaran, melepaskan helm, membuka jalan nafas, menghentikan perdarahan, membersihkan perdarahan di telinga, dan memindahkan korban. Sedangkan hasil observasi tindakan yang sudah dilakukan dengan benar meliputi aman diri, aman lingkungan, cek respon, melepaskan helm, membuka jalan napas, dan memindahkan korban. Tindakan yang masih kurang meliputi aman korban, memanggil ambulan, mengontrol pendarahan, dan mengontrol pendarahan apabila terdapat darah yang keluar dari telinga. Diharapkan dengan penelitian ini perlu diberikan pendidikan dan pelatihan terhadap polisi lalu lintas tentang pertolongan pertama korban cedera kepala.


Keywords


Cedera kepala merupakan salah satu dampak kecelakaan lalu lintas yang terbanyak dan penyebab utama kematian maupun kecacatan bagi pengendara sepeda motor. Oleh karena itu perlu penanganan dan pertolongan pertama secara tepat guna meminimalisir angka kemat

References


Adelaide, K. 2012. Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Tol Purbaleunyi Tahun 2010-2011. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Studi Kesehatan Masyarakat Keselamatan dan Kesehatan Kerja Depok

Australian Resuscitation Council. 2016. ANZCOR Guideline 9.1.4 Head Injury. New Zealand Resustation Council: Australian Resuscitation Council.

Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Republik Indonesia.

Frame. 2006. PHTLS: Basic And Advanced Prehospital Trauma Life Support. (5th ed). Missouri: Mosby.

Hafid A,.dkk. 2014. Pedoman Tatalaksana Cedera Otak. Tim Neurotrauma RSUD dr. Soetomo Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya

Hidayat, A.A. 2008. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika.

Kepolisian Negara Kesatuan Republik Indonesia. 2013. Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2013 Tentang Tata Cara Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas. Jakarta: Kepolisian Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kleinman at all. 2015. Part 5: Adult Basic Life Support and Cardiopulmonary Resuscitation 2015. American Heart Association Guidelines Update for Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) and Emergency Cardiovaskular Care (ECC). Circulation, 132 (SUPP12): S414-435.

Mahendra C., Rahayu.,Bragastio S. 2016. Jurnal Hubungan Antara Cedera Kepala Dan Terjadinya Vertigo Di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan (Vol.12, No.1 1 juni 2016). Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang

Mayo Clinic. 2018. Head Trauma: First Aid. JournalMayo Foundation for Medical educationand Research (MFMER).

Musliha. 2010. Keperawatan Gawat Darurat. Yogyakarta : Nuha Medika

Negara Kesatuan Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Anglutan Jalan. Jakarta: Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: RinekaCipta.

Nursalam. 2003. Konsep Dan Penerapan Keperawatan Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis Dan Instrument Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba.

Oktavianti P. 2016. Prevalensi dan Gambaran Pola Luka Korban Kecelakaan Sepeda Motor di Instalasi Forensik RSUP Sanglah Denpansar Tahun 2013(Vol.7 No.1). Skripsi. Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Pierce A., Grace & Neil R., Borley. 2006. At a Glace Ilmu Bedah. PT Gelora Aksara Pratama.

PMI. 2009. Buku Panduan Pertolongan Pertama. Surakarta: Graha Ilmu.

Rajab, U.S. 2003. Kedudukan dan Fungsi Polisi Republik Indonesia dalam Sistem Ketatanegaraan (Berdasarkan UUD 1945). Jakarta: CV. Utomo.

Riyadina, W &Puspitasari, I. 2007. ProfilKeparahanCederapadaKorbanKecelakaanSepeda Motor di InstansiGawatDarurat RSUP Fatmawati(Vol.26 No.2). Universa Medicina

St John Ambulance Australia Inc. 2017. Emergency First Aid. National Publications Unit Deakin West ACT 2600. ISBN.

Stewart at all. 2018. Advanced Trauma Life Support. American Collage of Surgeons.

Supiyono. 2018. Keselamatan Lalu Lintas. Malang: POLINEMA PRESS.

Suprajitno& Sri Mugianti. 2018. Studi Kasus Sebagai Riset :Panduan Manulis bagi Diploma Kesehatan. Yogyakarta: ANDI.

Sutomo, A.D. 2011. Teknik Menyusun KTI-Skripsi-Tesis-Tulisan dalam Jurnal Bidang Kebidanan, Keperawatan dan Kesehatan. Yogyakarta: Fitramaya.

Wahyuningsih, S. 2012. Pengaruh Pengalaman, Pengetahuan, Kemampuan dan Pelatihan Terhadap Keahlian Auditor dalam Bidang Auditing. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekan baru.

Ulya I., dkk. 2017. Buku Ajar Keperawatan Gawat Darurat Pada Kasus Trauma. Jakarta: Salemba Medika.

World Health Organization. 2014. Helmets a road safety manual for decision-makers and practitioners World Health Organization.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Of Borneo Holistic Health Indexed by:

image hostDimensions

 

 

JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : 085246694869

Email : borticalth@gmail.com

Laman : jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth

 

Lisensi Creative Commons
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.