Gambaran Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Baru Prodi DIII Keperawatan Tahun Angkatan 2021 – 2022 di ITSK RS dr. Soepraoen Malang

Anis Hasanah, Dian Pitaloka Priasmoro, Amin Zakaria

Abstract


Abstrak

Mahasiswa baru merupakan individu yang sedang  menghadapi masa transisi dari sekolah menengah atas ke dunia perkuliahan. Situasi baru seperti teman baru, lingkungan baru, tuntutan akademik yang jauh lebih sulit dari tingkat pendidikan sebelumnya menjadikan alasan mahasiswa kesulitan dalam melakukan penyesuaian dengan lingkungan baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penyesuaian diri pada mahasiswa baru prodi DIII Keperawatan Angkatan 2021 – 2022 di Institut Teknologi Sains Kesehatan Rumah Sakit dr.Soepraoen Malang. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa baru angkatan 2021 – 2021 prodi DIII Keperawatan di Institut Tekhnologi Sains Kesehatan Rumah Sakit dr.Soepraoen Malang Soepraoen Malang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan besar sampel 142 responden. Variabel yang diteliti adalah tingkat penyesuaian diri mahasiswa baru prodi DIII keperawatan angkatan 2021 – 2022. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis univariat.Instrumen penelitian ini menggunakan lembar kuesioner dengan media google form. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 April – 8 Mei 2022. Data  hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat penyesuaian diri yang tinggi yaitu sejumlah 103 responden (72.54%), penyesuaian diri sedang (36 siswa atau 25.35%), dan penyesuaian diri rendah (3 responden atau 2.11%). Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan bagi mahasiswa baru mampu memiliki mekanisme koping yang tepat sehingga proses penyesuaian diri dapat dilakukan secara maksimal.


Keywords


Mahasiswa baru, Penyesuaian diri

References


Amelia, S., Asni, E., & Chairilsyah, D. (2014). Gambaran Ketangguhan Diri (Resiliensi) Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Kedokteran, 2.

Astutik, W., Astuti, I., & Yusuf, A. (2012). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X Sma Islam Bawari Pontianak. 1-11.

Hasanah, F. N. (2019). Pengaruh Penyesuaian Diri Di Perguruan Tinggi, Grift Dan Harapan Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Tahun Pertama. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah , Jakarta.

Kumalasari, F., & Ahyani, N. L. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Pitutur, I(1), 21-30.

Maryam, S. (2017). Strategi Coping: Teori Dan Sumberdayanya. Jurnal Konseling Andi Matappa, 102.

Nadlyfah, A. K., & Kustanti, R. E. (2018). Hubungan Antara Pengungkapan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Rantau Di Semarang. Jurnal Empati, 138.

Prasetyaningsih, E. P. (2010). Layanan Informasi Pribadi Sosial Efektif Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Dalam Pergaulan Di Sekolah Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Pratiwi, A. J. (2017). Hubungan Antara Locus Of Control Internal Dan Penyesuaian Diri Di Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa Tahun Pertama. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma.

Priasmoro, D. P., & Ispriantari, A. (2020). Parents Perception About Adjusment Disorder At First Day School In Permata Iman 3 Kindergarten. Jurnal Ners dan Kebidanan, 7(1), 1-5.

Rahayu, M. N., & Rudangta, A. (2020). Penyesuaian Mahasiswa Tahun Pertama Di Perguruan Tinggi: Studi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uksw. Jurnal Psikologi Sains Dan Profesi, 74 - 74 .

Rosmawati. (2011). Perkembangan Peserta Didik Psikologi Perkembangan Remaja. Pekan Baru: Universitas Riau.

Sopiyanti, F. (2011). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Penyesuaian Akademik Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi, 290-303.

Wijaya, I. O. (2020). Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Baru Yang Berasal Dari Luar Pulau Jawa. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta .

Yusuf, S., & Adiputra, S. (2018). “Mengokohkan Peran Program Bimbingan Dan Konseling Di Perguruan Tinggi Dalam Rangka Menyongsong Generasi Emas 2045”. Bandung: Unit Pelaksana Teknis Bimbingan Dan Konseling & Pengembangkan Karir (Upt-Bkpk) Universitas Pendidikan Indonesia (Upi).




DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v5i1.2606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Of Borneo Holistic Health Indexed by:

 

JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : 085246694869

Email : borticalth@gmail.com

Laman : jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth

 

Lisensi Creative Commons
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.