HUBUNGAN HARGA DIRI DENGAN ISOLASI SOSIAL PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT KHUSUS JIWA SOEPRAPTO PROVINSI BENGKULU

Ade Herman Surya Direja

Abstract


Skizofrenia adalah suatu kondisi gangguan psikotik yang ditandai dengan gangguan utama dalam pikiran, emosi dan perilaku yang terganggu, dimana berbagai pemikiran tidak saling berhubungan secara logis, persepsi dan perhatian yang keliru, afek yang datar atau tidak sesuai dengan berbagai gangguan aktivitas motorik yang bizarre disebut skizofrenia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Hubungan Harga Diri dengan Isolasi Sosial Pada Pasien Skizofrenia di Rumah Sakit Khusus Jiwa Soeprapto Provinsi Bengkulu. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah survey analitik dengan menggunakan metode pendekatan cross sectional. Dimana variabel diukur secara bersamaan, Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive Sampling, Purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, dengan jumlah sampel 30 responden. Hasil penelitian ddiapatkan : Dari 30 pasien terdapat 16 pasien (53,3%) isolasi sosial dan 17 pasien (56,7%) harga diri coping efektif. Ada hubungan antara harga diri dengan isolasi sosial pada pasien Skizofrenia di Rumah Sakit Khusus Jiwa Soeprapto Provinsi Bengkulu, dengan kategori hubungan sedang. Diharapkan perawat untuk dapat meningkatkan peran dalam memberikan edukasi dan pendidikan kesehatan pada keuarga pasien akan pentingnya memberikan dukungan pada pasien dan menghindarkan pasien dari terjadinya isolasi sosial.


Keywords


Harga Diri, Isolasi Sosial, Skizofrenia

References


Afconneri, Y., & Puspita, W. G. (2020). Faktor-faktor kualitas hidup pasien skizofrenia. Jurnal keperawatan jiwa, 8(3), 273-278.

Fadly, M., & Hargiana, G. (2018). Studi Kasus: Asuhan Keperawatan Pada Klien Isolasi Sosial Pasca Pasung. Faletehan Health Journal, 5(2), 90-98.

Irawati, R. I. (2016). Gambaran Harga Diri Siswa Tunanetra Di Sekolah Luar Biasa (Slb-A) Tpa Bintoro Kabupaten Jember.

Kirana, S. A. C. (2018). Gambaran Kemampuan Interaksi Sosial Pasien Isolasi Sosial Setelah Pemberian Social Skills Therapy Di Rumah Sakit Jiwa. Journal of Health Sciences, 11(1).

Makhruzah, S., Putri, V. S., & Yanti, R. D. (2021). Pengaruh Penerapan Strategi Pelaksanaan Perilaku Kekerasan terhadap Tanda Gejala Klien Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 39-46.

Pardede, J. A. (2018). Pelaksanaan Tugas Keluarga Dengan Frekuensi Kekambuhan Pasien Skizofrenia Dengan Masalah Isolasi Sosial. Jurnal Keperawatan Jiwa, 6(2).

Reynaldi, G. (2016). Upaya Peningkatan Aktualisasi Diri Pada Klien Dengan Harga Diri Rendah Di Rsjd Arif Zainudin Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ricardo, D. (2019). Pengruh Latihan Keterampilan Sosialisasi Terhadap Kemampuan Berinteraksi Klien Skizofrenia Yang Mengalami Isolasi Sosial Di Rskj Soeprapto Provinsi Bengkulu.

Sari, N. Y., & Maryuni, S. (2019). Peningkatan harga diri melalui intervensi Cognitive behavioral therapy pada remaja korban bullying. Holistik Jurnal Kesehatan, 13(4), 270-277.

Silfia, S. (2020). Hubungan Riwayat Trauma Psikologis Dengan Kejadian Isolasi Sosial Pada Pasien Skizofrenia Dirumah Sakit Khusus Jiwa Soeprapto Provinsi Bengkulu.

Sukaesti, D. (2019). Sosial Skill Training Pada Klien Isolasi Sosial. Jurnal Keperawatan Jiwa, 6(1), 19-24.

Widianti, E., Keliat, B. A., & Wardhani, I. Y. (2017). Aplikasi Terapi Spesialis Keperawatan Jiwa pada Pasien Skizofrenia dengan Harga Diri Rendah Kronis di RSMM Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 3(1), 83-99.




DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v5i1.2611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Of Borneo Holistic Health Indexed by:

 

JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : 085246694869

Email : borticalth@gmail.com

Laman : jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth

 

Lisensi Creative Commons
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.