LITERATURE REVIEW: EFEKTIVITAS AIR REBUSAN DAUN SIRIH TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM

Icha Permata Ulandari

Abstract


Luka perineum merupakan suatu kondisi dimana integritas jaringan tubuh terganggu dan trauma dapat merusak kulit, mengakibatkan gangguan fungsi tubuh yang mengganggu aktivitas sehari-hari.  Di seluruh dunia robekan perineum terjadi hampir 2,7 juta kasus pada ibu bersalin. Angka ini masih akan terus semakin tinggi hingga 6,3 juta pada tahun 2024, Jika tidak diberikan perawatan dan perhatian yang tepat. Tujuan studi ini untuk melihat efektivitas air rebusan daun sirih terhadap penyembuhan luka perineum. Literatur nasional dan internasional ditelusuri melalui media elektronik dengan menggunakan kata kunci dan dipublikasika pada tahun 2018-2022. Artikel terseleksi sejumlah 10 artikel nasional dan internasional. Hasil analisis 10 artikel didapatkan seluruhnya memiliki hasil bahwa air rebusan daun sirih efektif untuk penyembuhan luka perineum dan penyembuhan nya pun akan lebih cepat dibandingkan dengan ibu yang tidak menggunakan daun sirih sebagai penyembuhan luka perineum. Kesimpulan dari analisis artikel ini menunjukkan air rebusan daun sirih  dapat membantu penyembuhan luka perineum sehingga diharapkan para tenaga kesehatan untuk memberikan penyuluhan mengenai penggunaan air rebusan daun sirih untuk penyembuhan luka perineum.


References


Damarini. (2017). Efektivitas sirih merah dalam perawatan luka perineum di bidan praktik mandiri. Jurnal FKM UI, Jakarta.

Departemen Kesehatan RI. (2019). Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI, Jakarta.

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. (2020). Profil dinas kesehatan provinsi Jambi. DINKES, Jambi.

Elisabet. (2017). Kehamilan, Persalinan dan Nifas. EGC, Jakarta.

Ghassani, dkk. (2020). Asuhan Keperawatan Maternitas. Salemba Medika, Jakarta.

Kementrian Kesehatan RI, (2019). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, Jakarta.

Kurnia. (2016). Asuhan Kebidanan Masa Nifas. Pustaka Rihan, Jakarta.

Rini Anggeriani. (2018). Efektivitas Pemberian Air Daun Sirih (Piper betle L) terhadap Kecepatan Penyembuhan Luka Perineum pada Ibu Post Partum. Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v5i1.2685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Of Borneo Holistic Health Indexed by:

 

JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : 085246694869

Email : borticalth@gmail.com

Laman : jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth

 

Lisensi Creative Commons
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.