Cover Image

CORRELATION ANALYSIS BETWEEN NURSE PERFORMANCE AND SATISFACTION LEVEL OF TOURIST PATIENTS IN BIMC HOSPITAL

Ida Ayu Agung Laksmi

Abstract


Abstrak

Kualitas pelayanan keperawatan sangat tergantung dari kinerja perawat yang mencerminkan kemampuan seorang perawat dalam mengimplementasikan proses asuhan keperawatan. Selain dinilai dari tingkat akreditasi, kepuasan pasien juga sangat mempengaruhi citra dan kepercayaan masyarakat termasuk wisatawan asing. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan rancangan cross sectional bertujuan untuk mengetahui korelasi antara dimensi kinerja perawat terhadap tingkat kepuasan pasien asing yang dirawat di UGD BIMC Hospital. Terdapat hubungan yang signifikan antara keenam domain kinerja perawat yaitu kepemimpinan, perawatan kritis, kemampuan kolaborasi dan pengajaran, kemampuan perencanan, kemampuan komunikasi dan profesionalitas perawat dengan kepuasan pasien wisatawan asing di UGD BIMC Hospital dengan nilai p < α (0.05) melalui uji analisis spearman rho. Oleh karena itu, perawat perlu untuk terus mengupayakan dan selalu mengembangkan pelayanan keperawatan sesuai dengan program terstruktur sehingga dapat meningkatkan kinerja perawat sehingga kualitas pelayanan juga meningkat.

 

Kata kunci: kepuasan pasien, kinerja perawat

Full Text:

PDF

References


Aditama, T. Y. (2007). Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Al-Abri, A. & Al-Balushi, A. (2014). Patient Satisfaction Survey as a Tool Towards Quality Improvement.Oman Medical Journal, 29 (1).

Aini, Q. & Susilo, H. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap A Rsup Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. urnal Manajemen Rumah Sakit, 3(1).

Ann, K., Matthew, D., Douglas, M., Jeannie, P., Linda, F., Donna F. & Linda H. (2009). Nursing: A Key to Patient Satisfaction, Health Affairs (Millwood), 28, 4.

Arisutha, D. (2005). Dimensi Kualitas Pelayanan. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Azizah, dkk (2017). Discharge Planning Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Keperawatan. Jurnals of Nursing Community, 8(1).

Dahlan, S.M. 2013. Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel. Jakarta: Salemba Medika.

Damaiyanti dan Iskandar. 2014. Asuhan Keperawatan Jiwa. Bandung: Refika Aditama.

de Freitas, J. S. (2014). Quality of nursing care and satisfaction of patients attended at a teaching hospital. Rev. Latino-Am. Enfermagem,22 (3).

Dyess, S. & Parker, C.G. (2012). Transition support for the newly licensed nurse: a programme that made a difference. Journal of Nursing Management, 20, 5. DOI: 10.1111/j.1365-2834.2012.01330x.

Forough R, Mohammad E, Hamid H. (2007). Nurse caring in Iran and its relationship with patient satisfaction Australian Journal of Advanced Nursing, 26(2):75-84.

Gillies, D. (2006). Nursing Management System Approach Secondedition. WB Sanfers Company: Philadelphia.

Haryantu, Nunuk dan Sudaryanto. (2008). Perbedaan Waktu Tanggap Tindakan Keperawatan Pasien Cidera Kepala Kategori I-V Di Instalasi Gawar Darurat RSUD De. Moewardi. Jurnal Berita Ilmu keperawatan.

Ilyas, Y. (2002). Kinerja: Teori, Penilaian, dan Penelitian, Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Kemenkes RI (2011). Standar Pelayanan Keperawatan Gawat Darurat di Rumah Sakit. Direktorat Bina Pelayanan Keperawatan & Keteknisian Medik.

Kotler, Philip & Keller, K.L (2008). Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kurniadi, A. (2013). Manajemen Keperawatan dan Prospektifnya: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Mangkuprawira, S., & Hubeis, A.V. (2007). Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Margaretha, F. (2003). Tinjauan Persepsi Manajemen Terhadap Struktur Modal Perusahaan Go Public. Media Riset Bisnis dan Manajemen, 3.

Mulyono, H., Hamzah, A., & Abdullah, Z. (2013). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Kinerja di RS Tingkat III Ambon.Jurnal AKK, 2 (1), 18-26.

Mundakir. (2011). Komunikasi Keperawatan: Aplikasi Dalam Pelayanan, Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mubarak (2012). Komunikasi Dalam Keperawatan: Aplikasi dan Teori. Jakarta, Salemba Medika.

Muninjaya, G. A. A. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta: EGC.

Musliha. (2010). Keperawatan Gawat Darurat. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mustofa, Akhmad. (2008). Hubungan Antara Presepsi Pasien Terhadap Dimensi Mutu Pelayanan keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Rawat inap Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Temanggung.

Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Bogor: Ghalia Indonesia.

Nasution, M.N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan.edisi 3 Jakarta: Salemba Medika.

Orah, dkk (2014). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Interna RSUD Noongan. Manado. Universitas Sam Ratulangi.

Parasuraman, A. V. (2001), Diterjemahkan oleh Sutanto. Delivering Quality Service. New York: The Free Press,

Pasuraman. (2003). Delivery Quality Service. Balancing Customer Perseption and Expectation. New York: New York The Press.

Pisu, D. Hermawan. (2015). Hubungan Respons Time Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rsup Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. E-jurnal keperawatan, 3(2).

Pohan, I. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran ECG.

Purwanto, A. E. (2012). Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Rosalina, P.D., dkk. (2015). Membuka Pintu Pengembangan Medical Tourism di Bali. JUMPA, 1 (2).

Sangadji, E., & Sopiah (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta:Andi

Sangadji, E.M., & Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Saat. (2015). Pengaruh Komitmen, Motivasi Kerj Dan Profesionalisme Perawat Terhadap Mutu Pelayanan Di Rumah Sakit Undata Palu. (Tesis magister tidak dipublikasikan). Universitas Tadulako.

Spillane. (2006). Managing Quality Customer Service.Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Tjiptono, F. (2011) Service Quality and Satisfation (ed3). Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v1i1.378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot88

https://www.chespa.eu/kontakt/

ketuagacor

kenzototo2

situs toto

iptogel

situs toto

situs toto

bandar togel

slot777

Slot MAHJONGJP88

toto5000

slot gacor

Misteri Scatter Hitam di Meraktoto Terungkap, Dugaan Ada Campur Tangan Teknologi China

toto

TOTO SLOT

top1toto

situs slot gacor

slot88

slot gacor

Kenapa Scatter Hitam di Mahjong Ways Jadi Incaran Member Meraktoto? Ini Faktanya

toto macau

slot gacor

slot88

toto slot

sulebet

https://www.arista88.org/

birototo

slot gacor

depo 10k

untung99 login

situs judi bola

7dewa

sulebet

slot88

sbobet

situs303

spaceman

slot777

mahjong ways

SLOT GACOR

slot88

slot toto

slot gacor

toto5000

slot88

slot online

Koihoki

slot

slot gacor

toto

situs toto

toto slot

situs togel Thailand

slot online tergacor

slot gacor

Hoki99

coloktoto

Togel Online

slot terpercaya

bagustoto

coktogel

Bromoslot

MERAKTOTO Situs Slot Terlengkap: Lucky Neko dengan RTP LIVE PG SOFT 97.2%, Dapatkan Pengalaman Bermain yang Seru dan Raih Kemenangan Besar, Jangan Sampai Ketinggalan

pttogel daftar

meriah4d

torpedototo

Situs 88

situs slot

judi bola

KINGDOM357

osg168

slot

slot gacor

Coktogel

Slot88

toto togel

marettoto

unsurtoto

apriltoto

apriltoto

Slot Gacor

slot gacor

slot gacor

coktogel

kakaktogel

slot gacor

situs toto

togel

akun demo

slot gacor

junitoto

januaritoto

wiltoto

AMARTOTO

AMARTOTO

kingdom357

live123

toto slot gacor

slot gacor

batmantoto

rans303 slot

slot gacor

mahjong

slot88

laetoto

slot gacor

raja slot

slot gacor

situs slot gacor

slot88

https://netsurferkiosk.com/

mahjong

sbobet

slot

slot

bonus new member

slot gacor

slot gacor

slot

slot deposit 5000

slot gacor

slot gacor

mahjong ways 2

mahjong ways 2

zeus slot

slot zeus

demo slot

slot 1000

poker slot

petir388

https://sanlorenzoseminary.org/

judi slot

slot gacor

Pasaran Togel Lengkap

slot gacor

to288 daftar

slot

togel online

slot qris

iptogel79

toto

toto 4d

paito Sydney

hokijp168

slot

taruhan online

toto slot

slot777

https://summer.rpschool.gr/

slot

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Judi bola

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Judi bola

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot Bet 200

POSTOTO787

POSTOTO787

POSTOTO787

slot gacor

POSTOTO787

Slot gacor

pohonemas

situs slot gacor

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif

bri303 link alternatif