ANALISIS MOTIVASI IBU HAMIL DALAM MENGIKUTI KELAS IBU HAMIL DI DAERAH PESISIR WILAYAH KERJA PUSKESMAS PANTAI AMAL KOTA TARAKAN

Yuni Retnowati, Sulidah Ully

Abstract


Pembelajaran kelas ibu hamil merupakan inovasi pelayanan antenatal yang terbukti dapat menurunkan AKI dan AKB. Tingkat partisipasi mengikuti kelas ibu hamil di Indonesia masih rendah; termasuk di Kota Tarakan. Rendahnya motivasi ibu hamil diduga menjadi faktor penyebab utama ketidakikutsertaan ibu hamil dalam kelas ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalis faktor motivasi ibu hamil di daerah pesisir dalam mengikuti kelas ibu hamil. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Pantai Amal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan case control. Populasi penelitian ini adalah ibu hamil yang melakukan kunjungan di Puskesmas Pantai Amal sebanyak 118 orang. Besar sampel 64 orang yang terdiri dari  32 responden kelompok pengamatan dan 32 responden kelompok kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah puposive sampling. Hasil penelitian ini mengidentifikasi sebagian besar responden berusia 20-35 tahun dengan tingkat pendidikan menengah ke bawah; hampir seluruh responden tidak bekerja dan memiliki anak 1-2 orang. Motivasi mengikuti kelas ibu hamil umumnya rendah pada kelompok perlakuan, sedang pada kelompok kontrol memiliki motivasi tinggi. Analisis hubungan antara motivasi dan partisipasi kelas hamil menggunakan uji Mann-Whitney ditemukan p = 0,000 yang berarti terdapat hubungan yang bermakna antara motivasi dengan tingkat partisipasi dalam kelas ibu hamil. Tingkat pengetahuan yang rendah diduga menjadi faktor penyebab utama rendahnya motivasi mengikuti kelas ibu hamil. Direkomendasikan untuk menggiatkan program pendidikan kesehatan tentang kelas ibu hamil bagi ibu hamil diwilayah pesisir.

Kata Kunci : Ibu Hamil, Kelas Ibu Hamil, Motivasi.


Full Text:

PDF

References


Alison T, Leap N, Rising SS, Homer CS. 2009. Women’s experience of group antenatal care in Australia, the centering Pregnancy Pilot Study Elsevier, 138-42.

Aribowo, P. 2007. Motivasi. Available from: http//www.aknasudrajat. wordpress.com. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2018.

Astuti, W.W., Sofianti, I., Widyaningsih, A. 2016. Faktor-faktor yang berhubungan dengan keikutsertaan kelas ibu hamil di Puskesmas Candiroto Kabupaten Temanggung. Rekernas AIPKEMA 2016.

Baroroh, I., Jannah, M., Meikawati, P.R. 2017. Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Jenggot Kota pekalongan. Jurnal Siklus Volume 6 Nomor 2 Juni 2017. e-ISSN : 2089-6778.

Benediktsson I, McDonald SW, Vekved M, McNeil DA, Dolan SM, Taugh S. 2013. Comparing Centering Pregnancy® to standard prenatal care plus prenatal education. Biomed Central, 13.

Depkes. 2009, Pedoman Manajemen Kelas Ibu Hamil. Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Depkes RI, Jakarta.

Depkes. 2009, Pegangan Fasilitator Kelas Ibu Hamil, Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Depkes RI, Jakarta.

Depkes. 2009, Pelatihan Kelas Ibu Hamil dan Kelas Ibu Balita Untuk Petugas Kesehatan, Buku Panduan Untuk Peserta, Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Depkes RI, Jakarta

Depkes. 2009, Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Departemen Kesehatan RI, Jakarta.

Fuada, N & Setyawati, B. 2015. Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di Indonesia. Diakses tanggal 14 Oktober 2018.

Hastuti PS, Nugroho HSW, Usnawati N. 2011. Efektifitas Pelatihan Kelas Ibu Hamil Untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, Keterampilan dan Kunjungan Antenatal Care. Junal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 11:122-34.

Impartina, A. 2017. Hubungan Paritas Dengan Partisipasi Ibu Hamil Mengikuti Senam Hamil. Surya. Vol. 09, No. 02, Agustus 2017.

Indah, S & Julyarni, Y. 2014. Hubungan Dukungan Suami, Motivasi Ibu dan Minat Terhadap Kunjungan Kelas Ibu Hamil Di Desa Dadaprejo Sengkaling Malang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Volume 2 Nomor 2 Desember 2014.

Izzah A, Atmansyah L 2011, Memantau Kehamilan melalui Kelas Ibu Hamil di Kabupaten Bulukumba.,IInitiatives for Governance Innovation.

Kementerian Kesehatan republik Indonesia. 2014, Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Direktorat jenderal Bina Gizi dan KIA Kemenkes RI.

Kemenkes. 2011. Promosi Kesehatan Di Daerah Bermasalah Kesehatan : Panduan Bagi Petugas Kesehatan di Puskesmas. Jakarta : Pusat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Manandhar DS, Osrin D, Shrestha BP, Mesko N, Morrison J, Tumbahangphe KM,et al. 2004. Effect of a participatory intervention with women’s groups n birth outcomes in Nepal: cluster-randomised controlled trial, Lancet., 970-9.

Masini. 2015. Pengaruh Gravida, Pekerjaan, Dukungan Suami, Dukungan Bidan/Tenaga Kesehatan Terhadap Partisipasi Ibu Dalam Kelas Ibu Hamil di Kabupaten Magelang. Jurnal Kebidanan. Volume 4 Nomor 8. April 2016. ISSN: 2089-7669.

Mariani, S., Respati, S.H., Astirin, O.P. 2016. Association Between Pregnant Woman Class and Pregnancy Complication in Tegal District, Central Java. Journal of Maternal and Child Health, Volume 1 Nomor 4: 214-219. e-ISSN: 2549-0257.

Notoadmodjo S 2012, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Rineka Cipta, Jakarta.

Puspitasari L 2012, Gambaran Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang, Jurnal Kesehatan Masyarakat FKM Undip, 1:1054-60.

Retnowati Y 2013, Laporan Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Kota Tarakan, Tarakan.

Sham WH, Chiang JCS, Chu JPS, Poon CM, Sit WS, Sze SF, et al. 2001. Factors Contributing to Non-Attendance of Antenatal Class in Hong Kong -a Study of Postpartum Females in Tsan Yuk Hospital. Department of Obstetrics & Gynaecology The University of Hong Kong, 2:80-8.

Spinelli A. BG, Donati S, Grandolfo ME, Osborn J. 2003. Do antenatal classes benefit the mother and her baby, 13:94-101.

Svensson J, Barclay L, Cooke M. 2008. Effective Antenatal Education: Strategies Recommended by Expectant and New Parents. The Journal of Perinatal Education, 17:33-42.

Unicef Indonesia. 2012. Ringkasan Kajian : Kesehatan Ibu & Anak. Tersedia pada www.unicef.or.id.

Uswatun Chasanah & Ratifah. Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Kelas Ibu Hamil Dengan Motivasi Mengikuti Kelas Ibu Hamil Di Puskesmas 2 Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Bidan Prada : Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol. 4 No. 1 Edisi Desember 2013, hlm. 211-219.

Ye Y.Y. 2010. Factors Affecting the Utilization of Antenatal Care Services Among Women in Kham Distric, Xieng Khouang Provice, Lao PDR. Nagayo. J Med, 72:23-33.




DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v1i2.502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Of Borneo Holistic Health Indexed by:

image hostDimensions

 

 

JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : 085246694869

Email : borticalth@gmail.com

Laman : jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth

 

Lisensi Creative Commons
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.