Pengalaman Nurse Manager dalam Penerapan Strategi Manajemen Konflik di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Wilayah Pesisir
Abstract
Pada organisasi keperawatan, konflik terjadi secara alami dan merupakan fenomena yang dapat terjadi karena sumber daya di dalamnya berhubungan secara interpersonal memiliki perbedaan. Ketika menjalankan pekerjaannya, perawat akan saling berinteraksi dengan tim kesehatan lain tidak jarang juga terjadi hubungan yang saling ketergantungan dan ambiguitas dalam pekerjaan. Manajemen konflik termasuk pada suatu strategi yang berorientasi pada proses yang mengarahkan pada bentuk komunikasi (termasuk tingkah laku) dari pelaku maupun pihak luar dan bagaimana mereka mempengaruhi kepentingan (interests) dan interpretasi. Perawat dan kepala ruangan/ perawat manajer harus fokus dalam menentukan sikap kelompok dan selalu menerapkan strategi manajemen konflik konstruktif untuk bekerjasama dalam tim. Kepala ruangan/manajer keperawatan harus terlatih dalam menyelesaikan konflik karena konflik akan terus-menerus dengan kompleksitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran pengalaman nurse manager/ perawat manajer dalam penerapan strategi manajemen konflik di fasillitas pelayanan Kesehatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Penelitian ini melibatkan 12 partisipan yang merupakan perawat manajer/ nurse manager yang bekerja Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kota Tarakan. Proses pengambilan data dilakukan dengan wawancara. Dari hasil wawancara dengan nurse manager mengenai penerapan strategi manajemen konflik di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, beberapa tema kunci muncul. Pertama, pemahaman konflik dalam konteks kesehatan sebagai bagian dari pekerjaan, terutama di lingkungan yang sering kali penuh tekanan. Kedua, penerapan strategi komunikasi interpersonal yang terbuka dan mendalam untuk menciptakan ruang dialog. Ketiga, kesadaran akan peran emosi dalam konflik dan upaya untuk mengelolanya dengan baik. Keempat, tantangan dalam manajemen konflik, terutama saat melibatkan perbedaan nilai. Diharapkan para nurse manager dapat mengambil keputusan terbaik dalam mengelola konflik yang terjadi di pelayanan kesehatan.
Keywords
manajemen konflik; nurse manager; perawat
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v8i1.6282
Refbacks
- There are currently no refbacks.