Analisis Pengetahuan Ibu Hamil Dengan Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi

Rahmi Padlillah, Mega octamelia

Abstract


Pendahuluan Kematian ibu di Indonesia yaitu sebesar 359/100.000 kelahiran hidup. Hal ini dapat dicegah melalui beberapa cara yaitu melalui perencanaan persalinan di tempat kesehatan, ditolong oleh tenaga kesehatan, persiapan biaya maupun dukungan keluarga. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengetahuan ibu hamil tentang faktor resiko tinggi dan komplikasi persalinan terhadap perencanaan persalinan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. sampel dalam penelitian ini sebanyak 63 responden. Pengumpulan data dilakukan bulan Desember 2017. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Hasil uji statistik chi square diperoleh p value = 0,048 (p > 0,05) yang berarti ada hubungan antara pengetahuan ibu hamil dengan perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi. Oleh karena itu diharapkan untuk peneliti selanjutnya menambah variabel penelitian terkait perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi.

Keywords


pengetahuan, perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi

References


Astuti, A.P, Kartasurya, M.I, & Sriatmi, A. (2014). Analisis Alasan Pemilihan Penolong Persalinan oleh Ibu Bersalin di Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia Volume 02, Nomor 3, 254-260.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2009) Pedoman Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi Dengan Stiker : Dalam Rangka Mempercepat Penurunan AKI, Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Mardela, A.P. (2012). Rencana Pemilihan Penolong Dan Tempat Persalinan Ibu Hamil Setelah Diberikan Pendidikan Kesehatan Tentang Persiapan Persalinan Aman. Jurnal UNPAD, Volume 1, Nomor 1, 781.

Notoatmodjo, S. (2010) Ilmu Kesehatan Masyarakat, Jakarta : Rineka Cipta.

Putri, M.D. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Tempat Persalinan Tahun 2015 (Studi Di Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun Jambi), Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), Volume 4, Nomor 2, 55-67.

Prawirohardjo, S. (2008). Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal Neonatal. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka.

Reeder, S.J. 2011. Keperawatan Maternitas : Kesehatan Wanita, Bayi & Keluarga. Alih bahasa: Yati Afiyanti, Imami Nur Rachmawati, Sri Djuwitaningsih. Jakarta : EGC.




DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v2i1.687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Of Borneo Holistic Health Indexed by:

 

JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : 085246694869

Email : borticalth@gmail.com

Laman : jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth

 

Lisensi Creative Commons
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.