PERILAKU CERDIK LANSIA DIABETES MELITUS YANG MENDAPATKAN DUKUNGAN KELUARGA

Mujito - Mujito

Abstract


Perilaku cerdik merupakan salah satu upaya dalam pencegahan penyakit Diabetes Melitus merupakan singkatan dari cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin olahraga, diet seimbang, istirahat cukup, dan kelola stres. Upaya pencegahan ini juga tidak lepas dari peran serta dukungan keluarga. Diabetes Melitus merupakan penyakit tidak menular yang menjadi penyebab kematian terbanyak serta penyakit ini lebih rentan diderita pada orang lanjut usia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan keluarga terhadap perilaku cerdik pada lansia pengidap Diabetes Melitus. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara terstruktur kepada lima keluarga yang menjadi pertisipan di wilayah Kelurahan Bendo yang memeriksakan kesehatan di Puskesmas Kepanjenkidul Kota Blitar. Hasil penelitian tentang dukungan keluarga terhadap perilaku cerdik, yaitu memberikan dukungan penilaian berupa mengingatkan atau memotivasi lansia agar menerapkan perilaku cerdik, memberikan dukungan instrumental berupa bantuan nyata, memberikan dukungan informasional berupa memberikan sedikit pengetahuan tentang perawatan lansia pengidap Diabetes Melitus, serta dukungan emosional  berupa kasih sayang dan perhatian. Namun masih ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti kurangnya dukungan penilaian atau dorongan untuk berperilaku cerdik. Diharapkan tenaga kesehatan dapat memberikan dukungan dan dorongan kepada keluarga untuk selalu memperhatikan kebutuhan lansia pengidap Diabetes Melitus dengan cara menerapkan perilaku cerdik melalui edukasi kesehatan.


Keywords


Diabetes Melitus, Dukungan Keluarga, Lansia, Perilaku Cerdik

References


Adriana, Yayuk. (2017). Determinan Perilaku Cerdik Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Tidak Menular Pada Masyarakat Peserta Posbindu PTM. Tesis tidak diterbitkan. Jember: Universitas Jember.

Depkes.go.id. (2016). Menkes: Mari Kita Cegah Diabetes dengan Cerdik, (http://www.depkes.go.id/article/view/16040700002/menkes-mari-kita-cegah-diabetes-dengan-cerdik.html), diakses 16 Oktober 2018.

Dinas Kesehatan. (2015). Profil Kesehatan Kota Blitar Tahun 2014. Blitar: Dinas Kesehatan Kota Blitar.

Dinas Kesehatan. (2017). Rencana Kerja Dinas Kesehatan Kota BlitarTahun 2018. Blitar: Pemerintah Kota Dinas Kesehatan.

Friedman, M. (2010). Keperawatan Keluarga Teori dan Praktik. Jakarta: EGC.

Nuraisyah, F, Hari K, Theodola B. (2015). Dukungan Keluarga dan Kualitas Hidup Pasien Diabetes Mellitus. Yogyakarta: UGM.

Pusat Data dan Informasi. (2014). Situasi dan Analisis Diabetes. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Rudianto, A, dkk. (2015). Konsensus Pengolahan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia 2015. Jakarta: PB PARKENI.

Sudiharto. (2007). Asuhan Keperawatan Keluarga Dengan Pendekatan Keperawatan Transkultural. Jakarta: EGC.

Yusriani, Khidri, A. (2018). Buku Ajar Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Ponorogo: FORIKES.




DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v2i2.822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

Phone : 085246694869

Email : borticalth@gmail.com

Laman : jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth


 

Lisensi Creative Commons
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.