TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BAHASA INGGRIS SISWA DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013

Nofvia De Vega, Arifin Arifin, Dwi Anggriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model TGT dan permainan ular tangga. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, siklus I dengan pembelajaran model TGT dan siklus II pembelajaran TGT dengan permainan Ular Tangga. Alat pengumpulan data adalah observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik data diolah dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris menggunaan model TGT dan permainan Ular Tangga, (2) terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 31.25%, dan (3) terjadi peningkatan pelaksanaan pembelajaran dari 77.5 % menjadi 85%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan TGT dan dan permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belaajr siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris.


Full Text:

PDF

References


Adriansyah, Ade, Hasyim Adelina, dan Suparman Ujang. _______. Peningkatan Kemampuan Kosakata Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament di SMP Al-Kautsar Bandar Lampung. Artikel Ilmiah.

Aqib, Zainal, dkk. (2011) Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Indiarti, Titik, (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah: Prinsip-prinsip Dasar, Langkah-langkah, dan Implementasinya. Surabaya: FBS Unesa.

Juniarsih. (2011). Problematika Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Mata Pelajaran PAI . Semarang: FTK-IAIN Walisongo.

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praksis Disertai dengan Contoh. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setiyadi, Bambang. (2003). Teaching English as Foreign Language. Lampung University, Bandar Lampung, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v5i2.1006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â