DEVELOPING INSTRUCTIONAL DESIGN OF ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES IN THE ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM BORNEO UNIVERSITY OF TARAKAN

Pangkuh Ajisoko

Abstract


Seperti kebanyakan perkembangan di era global, Bahasa Inggris untuk tujuan khusus (ESP) bukan merupakan gerakan yang disengaja dan dapat diprediksi, melainkan sebuah fenomena yang tumbuh dari sejumlah tren yang terkoneksi. Revolusi dalam linguistik dan fokus pada pemelajar adalah alasan inti berkembangnya tren pada ESP  (Hutchinson & Waters, 1991). Fokus dari penelitian ini adalah meningkatnya kompetensi mata kuliah ESP bagi mahasiswa dan  tersedianya RPS dan bahan ajar mata kuliah ESP yang sesuai dengan prinsip pembelajaran komunikatif (CLT) dengan kebutuhan mahasiswa di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Borneo Tarakan. Tujuan penelitian ini  adalah: mengidentifikasi kebutuhan belajar mahasiswa dalam mata kuliah ESP; menganalisis deskripsi mata kuliah ESP sebagai acuan perancangan dan pengembangan rencana pembelajaran semester (RPS) mata kuliah ESP; serta merancang dan mengembangkan RPS dan bahan ajar mata kuliah ESP. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) sistem pembelajaran yaitu model 4D (Define, Design, Development and Dissemination). Luaran dari penelitian ini adalah tersedianya RPS dan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan belajar mahasiswa di program studi Pendidikan Bahasa Inggris, yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran yang berhubungan dengan pembelajaran ESP.


Full Text:

PDF

References


Dudley-Evans, T., & John, M. S. (1998). Development in ESP: A Multi-disciplinary Approach. . Cambridge: CUP.

Hutchinson, T., & Waters, A. (1991). English For Specific Purposes. Cambridge: CUP.

Khan, K., & al, e. (2011). Need Analysis of English for Occupational and Specific Purposes. International Journal of Social Sciences and Education Vol 1: No 1, 40-57.

Long, M. H. (2005). Second Language Needs Analysis. New York: Cambridge University Press.

Nation, J., & Macalister, I. (2010). Language Curriculum Design. New York: Routledge.

Richards, J. C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.

Sárosdy, J., Bencze, T. F., Poór, Z., & Vadnay, M. (2006). Applied Linguistics. Greece: Judit Sárosdy and Tamás Farczádi Bencze.

Songhori, M. (2007). Introduction to Needs Analysis. English For Specific Purposes World, 1-25.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wright, C. (2018, September 2). Benefits Of ESP. Retrieved from http://www.camlang.com/art001.htm




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v5i2.1008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â