DESAIN PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL MATEMATIKA SMP BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Nurmala R, Maharani Izzatin, Alfian Mucti

Abstract


Penelitian ini merupakan penilitian pengembangan  yang bertujuan  untuk  menghasilkan produk berupa buku saku digital matematika SMP berbasis android sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pengembangan buku saku digital ini melalui beberapa tahap yaitu: tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain, tahap validasi pakar, tahap uji coba skala kecil dan besar, serta tahap uji efektifitas. Instrumen  yang  digunakan  untuk  mengumpulkan  data  dalam  penelitian pengembangan  ini  adalah lembar penilaian dan lembar angket. Lembar penilaian digunakan untuk mengetahui tanggapan pakar ahli media dan ahli materi mengenai produk, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap buku saku digital yang telah dikembangkan dan juga untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan produk yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis uji kelayakan produk, analisis tanggapan siswa, dan analisis minat belajar siswa. Produk yang dikembangkan berupa buku saku digital matematika SMP berbasis android layak digunakan, hal ini ditunjukkan dengan penilaian validasi ahli media diperoleh skor total 28 dengan persentase 77,77% dengan kriteria layak dan validasi ahli materi diperoleh skor total 31 dengan persentase 86,11% dengan kriteria sangat layak. Selanjutnya, produk yang dikembangkan dapat meningkatkan minat belajar siswa, hal ini ditunjukkan oleh data angket minat belajar diperoleh 75% atau sebanyak 60 siswa berada pada kategori minimal tinggi.


Full Text:

PDF

References


Abdul Mutholib. 2010. Pengembangan Buku Saku sebagai Media Pembelajaran Berbasis Sets pada Materi Zat Adiktif dan Psikotropika di MTs 20 Kangkung Kabupaten Kendal Kelas VIII. Skripsi IAIN walisongo

Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Priyanto SH. 2012. Kriteria Baku Buku Ajar. Makalah disampaikan pada Workshop Penulisan Buku Ajar Dosen Kopertisi VI. UKSW. Salatiga 31 Mei –1 Juni 2012

Sadirman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta.

Sulistyani, Jamzuri, dan Rahardjo. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book dan Tanpa Pocket Book pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol1 No1(2013)

Syahroni, Moh, Siti Nurrochmah, and Fahrial Amiq. 2016. Pengembangan Buku Saku Elektronik Berbasis Android Tentang Signal-signal Wasit Futsal untuk Wasit Futsal di Kabupaten Pasuruan. Jurnal Jasmani, 26 no 2.

Yaqin, Ainul.2017. Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android sebagai Pendukung Bahan Ajar pada Materi PPh Pasal 21. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 5 No 1




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i2.1058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â