MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI MEDIA KARTU PECAHAN DI KELAS III SD NEGERI 023 TARAKAN TP. 2018/2019

Tialianna Tialianna Agnes

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan sederhana menggunakan media kartu pecahan di kelas III SDN 023 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada siklus I setelah diterapkan pembelajaran matematika menggunakan media kartu pecahan menunjukkan hasil belajar matematika dari rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 69 atau 18 siswa sudah mencapai KKM namun masih pada kriteria sedang dan ketuntasan belajar masih 62 % , maka dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II rata-rata kelas mencapai nilai 81 atau 25 siswa sudah termasuk kriteria baik. Ketuntasan belajar siswa juga sudah tuntas dengan persentase ketuntasan 87% melebihi kriteria ketuntasan minimum yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa dengan menerapkan media kartu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan sederhana pada siswa kelas III SDN 023 Tarakan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmad Fauzi. (2004). Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Azhar Arsyad (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Dwi Siswoyo, dkk (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.

Desi Erawati (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhanamelalui Media Kartu Pecahan di Kelas III SD Negeri Kyai Mojo Yogyakarta. Diakses melalui eprints.uny.ac.id/.../SKRIPSI%20-%20Desi%20Erawati%20%20-%20NIM%2011108. Pada Tanggal 16 Januari 2019.

Eko Putro Widoyoko (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gatot Muhsetyo (2007). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Hirdjan (1997). Permainan Matematika 7 Operasi Bilangan Kartu Matematika.Yogyakarta: FPMIPA IKIP Yogyakarta.

John D Latuheru (1998). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta : Depdikbud.

Joyce, B.; Weil, M.; Showers, B (1992). Models of Teaching (4th Ed). Boston : Allyn and Bacon.

Lenterak (2011). Pembelajaran Matematika di SD. Diakses melalui http://lenterakecil.com/pembelajaran-matematika-di-sekolah-dasar/. Pada tanggal 29 Januari2015 pukul 15.00 WIB.

Marsigit. (2008). Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses melalui http://pbmmatmarsigit.wordpress.com/2008/12/pengembangan-model-pembelajaran.html. pada tanggal 27 Januari 2015 pukul 13.00 WIB

Osman T. dkk (2007). Matematika Kelas 3 Sekolah Dasar. Jakarta : Quadra. Purwanto (2010) Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Psutaka Pelajar.

Rita Eka Izzaty, dkk (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Rufaidlilah Kartika (2012). Kajian Kemanfaatan Alat Peraga. Diakses Mmelalui Http://Bintangberceloteh.org.Com/2012/03/Kajian-Kemanfaatan-Alat- Perga.Html. Pada Tanggal 30 November 2014 Pukul 12.30.

Russeffendi (1992). Pembelajaran Matematika Inovatif. Jakarta: Bina Aksara.

Sulardi (2008). Pandai Berhitung Matematika. Jakarta: Erlangga.

Sumadi Suryabrata (1983). Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali.

Sutratinah Tirtonegoro. (2001). Anak Super Normal Dan Program Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Suyadi (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Diva Press. Suwarsih Madya (2007). Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP.

Syaiful Bahri Djamarah (2005). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta :PT Rineka Cipta.

Wina Sanjaya (2008). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Predana Media Group.

Zainal Arifin, (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i2.1059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â