PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 023 TARAKAN SEMESTER I TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Supriati Supriati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 023 Tarakan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada pecahan. Jenis ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan mulai 01 September sampai 30 Oktober 2018 dengan 6 kali pertemuan dalam 2 siklus. Subjek Penelitian adalah siswa kelas IV SDN 023 Tarakan tahun pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 27 siswa. Data dikumpulkan pada setip siklus melalui observasi preoses belajar siswa dan pemberian tes kompetensi pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, pada siklus I diperoleh rata-rata nilai yang mencapai 61,85. Pada siklus II, hasil penelitian yang diperoleh mengalami peningkatan nilai rata-rata mencapai 82,96. Pada siklus II diperoleh peningkatan nilai yang mencapai 21,11. Hal ini berarti siswa sangat setuju dan senang dengan adanya pembelajaran STAD yang diterapkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika.


Full Text:

PDF

References


Dimyati. 2006. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Muslimin Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. University press. Surabaya.

Slavin, Robert, R. 2008. Cooperative Learning. Nusa Media. Bandung.

Rifa’i, Achmad dan Chatharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i2.1060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â