DESKRIPSI KEPEMIMPINAN DAN SUPERVISI SEKOLAH DI SD IT ULUL ALBAB TARAKAN

Donna Rhamdan, Siti Mulyani, Sri Herdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kepemimpinan dan supervisi pendidikan di SD IT Ulul Albab Tarakan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru SD IT Ulul Albab. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan kepala sekolah SD IT Ulul Albab adalah gaya kepemimpinan demokratis. Namun, gaya kepemimpinan demokratis di sekolah tersebut terkadang sedikit lebih keras. Selain itu, adapun proses supervisi yang dilakukan dibagi menjadi dua jenis yaitu supervisi akademik dan supervisi manajerial.  Untuk supervisi akademik di sekolah tersebut terbagi menjadi dua, yaitu supervisi pembelajaran secara umum yang dilakukan oleh wakil kepala kurikulum dan supervisi pembelajaran Al-Qur’an yang dilakukan oleh wakil kepala Al-Qur’an, sedangkan supervisi manajerial dilakukan langsung oleh kepala sekolah kepada tenaga pendidik dan staf yang ada.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i2.1062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â