PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SERTA PENGEMBANGAN MEDIA
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena masih kurangnya pemanfaatan media lingkungan serta pengembangannya dalam proses kegiatan pembelajaran yang di lakukan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru dalam memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar mengajar serta pengembangannya. Melalui pemanfaatan media lingkungan penelitian ini termasuk penelitian observasi lapangan Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian utilization and Development (pemanfaatan dan pengembangan). Analisis dari penelitian ini adalah angket kebutuhan bagi guru dan siswa. kelayakan media pembelajaran yaitu penilaian oleh ahli (validator) dengan menggunakan angket uji validitas ahli media dan ahli materi, hasil belajar siswa, respon siswa serta tanggapan oleh guru dengan adanya media pembelajaran memanfaatkan lingkungan. Penelitian dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, siswa merasa senang dan lebih aktif dalam menggali pengetahuannya serta pembelajaran juga tidak terasa membosankan
Full Text:
PDFReferences
Ulum, Irfatul. 2014 pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar anak. Jurnal pendidikananak 3 (2), ham: 518-532.
https://www.rijal09.com/2016/04/pengembangan-media-pembelajaran.html
Situmorang, Robinson. 2009. Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan.
Kurniawan As’ri. 2010. Mengenal Sumber Belajar
Ulum, Irfatul. 2014. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak 3 (2), hlm: 518-523.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i2.1064
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :