PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SERTA PENGEMBANGAN MEDIA

Herianus Erwin

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan karena masih kurangnya pemanfaatan media lingkungan serta pengembangannya dalam proses kegiatan pembelajaran yang di lakukan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru dalam memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar mengajar serta pengembangannya. Melalui pemanfaatan media lingkungan penelitian ini termasuk penelitian observasi lapangan Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian utilization  and Development (pemanfaatan dan pengembangan). Analisis dari penelitian ini adalah angket kebutuhan bagi guru dan siswa. kelayakan media pembelajaran yaitu penilaian oleh ahli (validator) dengan menggunakan angket uji validitas ahli media dan ahli materi, hasil belajar siswa, respon siswa serta tanggapan oleh guru dengan adanya media pembelajaran memanfaatkan lingkungan. Penelitian dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, siswa merasa senang dan lebih aktif dalam menggali pengetahuannya serta pembelajaran juga tidak terasa membosankan


Full Text:

PDF

References


Ulum, Irfatul. 2014 pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar anak. Jurnal pendidikananak 3 (2), ham: 518-532.

https://www.rijal09.com/2016/04/pengembangan-media-pembelajaran.html

Situmorang, Robinson. 2009. Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan.

Kurniawan As’ri. 2010. Mengenal Sumber Belajar

Ulum, Irfatul. 2014. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak 3 (2), hlm: 518-523.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i2.1064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â