PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 006 TARAKAN

Dedi Kusnadi, Linda Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas V SDN 006 Tarakan. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, siswa bertanggung jawab pada tugas yang diberikan oleh guru. karena didalam pembelajaran kooperatif tipe NHT siswa dibentuk kelompok dan diberi nomor yang berbeda pada setiap anggotanya. Siswa diarahkan untuk menyelesaikan soal yang sesuai dengan nomor anggota. Akan tetapi, pada umumnya siswa harus mampu menyelesaikan semua soal yang diberikan oleh guru. jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus, dimana setiap siklus meliputi tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan disertai pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan wawancara dan data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami kenaikan/peningkatan. terlihat perbandingan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I hanya 53,33% atau 16 siswa yang tuntas, pada siklus II meningkat menjadi 63,33% atau 19 siswa yang tuntas, dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 86,67% atau 26 siswa yang tuntas. Terjadinya kenaikan/peningkatan hasil belajar siswa dikarenakan adanya suatu perubahan yang dialami oleh siswa seperti siswa telah memahami operasi hitung pecahan dengan baik, siswa sudah terbiasa belajar secara kelompok, rata-rata siswa mengajukan pertanyaan dan bahkan menjawab pertanyaan baik dari guru maupun pertanyaan yang ajukan oleh kelompok. Siswa lebih berani untuk mempersentasikan hasil diskusi di depan kelas

Full Text:

PDF PDF

References


Firdaus, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.942

Fitri, R., Syarifuddin, H., & Pengajar Jurusan, S. (2014). Penerapan Strategi the Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.7537/marsjas120916.12.Keywords

Heruman. (2012). Model Pembelajaran Matematika di SD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Haryati, T., & Rochman, N. (2012). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen). Jurnal Ilmiah Civis.

Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. In PT Refika Aditama.

Kusnadi, Dedi, A.Wilda Indra Nanna. (2018). Penerapan Teori Van Hiele dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas II SDN 045 Tarakan. Jurnal Pendidikan Edukasia Vol. 5 No. 2 Okt. 2018

Riyadi, S. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHTUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VISDN 004 SIMPANG PULAI KECAMATAN UKUIKEBUPATEN PELALAWAN. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 312. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i2.3719

Sutriani, M. B., Tandiayuk, & Paloloang, B. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan di Kelas V SDN 2 Bukit Harapan. Jurnal Kreatif Tadulako.

Wahyuddin, W. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 75 UJUNGPERO KECAMATAN SABBANGPARU KABUPATEN WAJO. Suska Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i1.2332

Wibowo, N. (2016). UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERDASARKAN GAYA BELAJAR DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi 2 Cet. Ke 5. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v7i1.1379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â