UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MATCHING STATEMENT COMPETITION DI SMP NEGERI 1 PANDAK KABUPATEN BANTUL

Tri Heriyanto

Abstract


ABSTRAK

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pandak yang beralamat di Jalan Srandakan KM 1 Gilangharjo Pandak.Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui: 1) sejauhmana teknik dan model pembelajaran inovatif  dengan pendekatan Matching Statemen Competition dapat dioptimalkan pada siswa kelas VIIIA  SMP Negeri 1 Pandak, 2)Untuk mengetahui sejauhmana penguasaan konsep geografi siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Pandak  dengan pendekatan Matching Statemen Competition 3)Untuk mengetahui sejauhmana penguasaan hasil belajar pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Pandak melalui pendekatan Matching Statemen Competition.

Hasil penelitian tindakan siklus pertama dan kedua tentang materi pembelajaran Mobilitas Sosial  menggunakan pendekatan Matching Statemen Competition menunjukkan hasil yang menggembirakan yaitu kecenderungan  hasil belajar  meningkat, pembelajaran lebih menyenangkan  dengan diikuti meningkatnya kerjasama antar siswa. Melalui peningkatan semangat dan kerjasama dalam pembelajaran yang menyenangkan itu beridampak prestasi pembelajaran juga akan meningkat. Pada Siklus pertama Jumlah Siswa 38 Rata-rata Nilai 78,16 Diatas KKM berjumlah 32 atau  84,21% Kurang KKM berjumlah  6 atau  15,79%. Pada siklus kedua 38 Rata-rata Nilai 78,29  Diatas KKM 37 atau 97,37% Kurang KKM 1 atau 2,63%.

Kata Kunci: Pengetahuan Sosial, Matching Statemen Competition, hasil belajar geografi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Darsono, Max dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jaakarta: PT. Bumi Aksara.

Hamalik Oemar. 2008. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

-----. 2008. Himpunan Perundang-undangan RI Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Nuansa Aulia.

Solihatin, Etin dan Rahajo.2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyanto. 2007. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Suryabrata, Sumardi. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Tirtarahardja, Umar. 1995. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara. NEGERI 75 UJUNGPERO KECAMATAN SABBANGPARU KABUPATEN WAJO. Suska Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i1.2332

Wibowo, N. (2016). UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERDASARKAN GAYA BELAJAR DI SMK NEGERI 1 SAPTOSARI. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education). https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi 2 Cet. Ke 5. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v7i1.1517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â