PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG CAMPURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS VIB SD NEGERI 003 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Prayudi Ariessanto

Abstract


Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran
Matematika materi bangun ruang campuran pada siswa kelas VIB SDN 003 Tarakan.
Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan, apakah penerapan model
pembelajaran kooperaif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi
bangun ruang campuran pada siswa kelas VIB SDN 003 Tarakan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIB semester 2 SDN 003 Tarakan
yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 bulan mulai bulan Januari 2020 sampai bulan April
2020. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 kali siklus pembelajaran yang masingmasing
siklus

terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, dan
dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus statistic sederhana.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran
kooperaif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun ruang
campuran pada siswa kelas VIB SDN 003 Tarakan tahun pelajaran 2019/2020. Hasil
belajar siswa mengalami peningkatan klasikal pada siklus I rata-rata yang tuntas dalam
pembelajaran sebanyak 17 orang siswa atau 47,22%, dengan rata-rata nilai secara klasikal
mencapai 62,40 sedangkan pada pertemuan berikutnya terjadi peningkatan yang
signifikan hingga pada siklus II rata-rata yang tuntas dalam pembelajaran sebanyak 29
orang siswa atau 80,5% dengan rata-rata nilai secara klasikal mencapai 75,90 sehingga
melebihi dari indicator ketuntasan dalam pembelajaran dengan KKM 65, demikian juga
terjadi aktivitas siswa dan guru sangat aktif sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil
belajar siswa telah mengalami peningkatan melalui model pembelajaran kooperaif tipe
STAD materi matematika bangun ruang campuran siswa kelas VIB SD Negeri 003
Tarakan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v7i2.2390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â