ISOLASI DIGITAL : SISI GELAP PEMBELAJARAN DARING

Fadhlan Muchlas Abrori, Novri Hadi Saputra, Vlorensius Vlorensius

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui persepsi
mahasiswa terkait kendala selama pembelajaran daring yang berkaitan dengan isolasi
digital. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan kuesioner semi terbuka, dan wawancara. Informan dalam penelitian ini
adalah mahasiswa pendidikan biologi Universitas Borneo Tarakan. Berdasarkan hasil
pengelompokan permasalahan pembelajaran daring dibagi menjadi 4 masalah yang
terkait isolasi digital: kompleksitas perkuliahan yang susah dikemas dalam pembelajaran
daring, platform yang tidak familiar, jaringan internet, dan permasalahan gawai. Hasil
yang didapatkan sebanyak 75,7% informan menjawab bukan permasalahan teknis yang
menyebabkan pembelajaran daring menjadi hal yang merugikan. Namun, kompleksitas
matakuliah yang tidak bisa dikemas dalam pembelajaran daring merupakan penyebab
utama. Hal ini terjadi dari sisi dosen yang kurang maksimal dalam mengelola konten
dalam sebuah media digital atau keterbatasan jam perkuliahan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v7i2.2392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â