PENERAPAN TEORI APOS DALAM ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Maharani Izzatin

Abstract


Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan dasar matematika yang harus dimiliki
oleh siswa. Teori terkait tahapan pemecahan masalah digunakan dalam melakukan analisis
terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Salah satu teori yang dapat digunakan
adalah teori APOS. Dalam teori APOS, terdapat empat tahapan yaitu: 1) aksi (action), adalah
transformasi dari objek-objek yang dipelajari dan yang dirasakan oleh siswa, serta
instruksi tahap demi tahap bagaimana melakukan operasi, 2) proses (process)
didefinisikan sebagai struktur kognitif yang melibatkan imajinasi tentang transformasi
mental atau fisik yang terjadi secara internal, ditunjukkan dengan seseorang sudah bisa
melakukan tingkat aksi secara berulang kali, 3) objek (object), dapat diartikan sebagai
sesuatu yang dihasilkan dari pengkonstuksian mental yang telah dilakukan pada tahap
proses, dan 4) skema (scema) yaitu kumpulan aksi, proses, dan objek yang dirangkum
menjadi sebuah skema.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v7i2.2394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â