UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD PADA SISWA KELAS VIIA MTs NEGERI TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Darmatasiah Darmatasiah

Abstract


Penelitian ini merupakan upaya bagaimana peningkatan prestasi belajar IPS dengan
diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa Kelas VIIA MTs
Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019 (b) Bagaimana pengaruh metode pembelajaran
kooperatif model STAD terhadap motifasi belajar IPS pada siswa Kelas VIIA MTs Negeri
Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan subjek 30 siswa putri semua.
 Metode pemecahan masalah yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu menerapkan
metode pengajaran kooperatif model STAD. Dengan menerapkan metode pembelajaran ini
diharpakan siswa dalam proses belajar mengajar serta prestasi belajarnya meningkat.
 Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi
belajar IPS setelah diterapkannya pembelajaraqn kooperatif model STAD pada siswa Kelas
VIIA MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019.(b) ingin mengetahui pengaruh motivasi
belajar IPS setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa Kelas VIIA
MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019 (c) Memberikan gambaran tentang metode
pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan
siswa menjadi aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
 Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran.
Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi,
dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIIA MTs Negeri Tarakan. Data yang
diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar  mengajar.
 Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan
dari siklus I dengan ketuntasan sebanyak 20 siswa  dengan capaian 66,67 %, pada siklus II
dengan ketuntasan sebanyak 23 siswa  dengan capian 76,67% , dan siklus III  dengan
ketuntasan sebanyak 27 siswa dengan capaian 90,00%.  
Simpulan dari penelitian ini
adalah metode pengajaran kontekstual model pengajaran berbasis masalah dapat berpengaruh
positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa VIIA MTs Negeri Tarakan, serta model
pembelajaran kooperatif model STAD ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
pembelajaran IPS.

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2014. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon

Arikunto, Suharsimin. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta. Rineksa Cipta

Arikunto, Suharsimin. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimin. 2002. Prosedur Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta

Azhar, Lalu Muhammad. 1993. proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional

Djamarah, syaiful Bahri. 2002 Psikologi Belajar dan Mengajar. Jakarta. Rineksa Cipta

Felder, Richard M. 1994. Cooperative Learning in Technical Corse, (online), (PclldMy%Documentcoop%20report)

Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi research, Jilid I. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algesindo.

Hamdani. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Solo. Pustaka Setia

Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

KBBI. 1996. Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka

Kemmis, S dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Deacin University Press

Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Solo: Pustaka Setia

Margono.1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineksa Cipta

Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press

Nur, Moh.2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. Universitas press. Universitas Negeri Surabaya.

Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press

Nurkancana, Wayan. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional

Rustiyah, N,K. 1991 . Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara

Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Bina Aksara

Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAUPPAI, Universitas terbuka

Soetomo.1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional

Sudjana, N dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru

Sudjana. 1996. Metode Statistik. Bandung.Tarsito

Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian

Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Surakhman, winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineksa Cipta

Syah, muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan baru. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Undang-undang Republik Indonesia No.20 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta: Sinar Grafika

Usman, Moh.Uzer.2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya

Wahyuni, Sri.2001. Studi Tentang Pembelajaran Kooperatif

terhadap Hasil belajar Matematika Siswa Kelas 1 SLTP Negeri 2 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang




DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v8i1.3052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by:

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter