UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD PADA SISWA KELAS VIIA MTs NEGERI TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa Kelas VIIA MTs
Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019 (b) Bagaimana pengaruh metode pembelajaran
kooperatif model STAD terhadap motifasi belajar IPS pada siswa Kelas VIIA MTs Negeri
Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan subjek 30 siswa putri semua.
 Metode pemecahan masalah yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu menerapkan
metode pengajaran kooperatif model STAD. Dengan menerapkan metode pembelajaran ini
diharpakan siswa dalam proses belajar mengajar serta prestasi belajarnya meningkat.
 Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi
belajar IPS setelah diterapkannya pembelajaraqn kooperatif model STAD pada siswa Kelas
VIIA MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019.(b) ingin mengetahui pengaruh motivasi
belajar IPS setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa Kelas VIIA
MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019 (c) Memberikan gambaran tentang metode
pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan
siswa menjadi aktif dalam kegiatan belajar mengajar.
 Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran.
Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi,
dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIIA MTs Negeri Tarakan. Data yang
diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
 Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan
dari siklus I dengan ketuntasan sebanyak 20 siswa dengan capaian 66,67 %, pada siklus II
dengan ketuntasan sebanyak 23 siswa dengan capian 76,67% , dan siklus III dengan
ketuntasan sebanyak 27 siswa dengan capaian 90,00%. Â
Simpulan dari penelitian ini
adalah metode pengajaran kontekstual model pengajaran berbasis masalah dapat berpengaruh
positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa VIIA MTs Negeri Tarakan, serta model
pembelajaran kooperatif model STAD ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
pembelajaran IPS.
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad. 2014. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon
Arikunto, Suharsimin. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta. Rineksa Cipta
Arikunto, Suharsimin. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimin. 2002. Prosedur Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta
Azhar, Lalu Muhammad. 1993. proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional
Djamarah, syaiful Bahri. 2002 Psikologi Belajar dan Mengajar. Jakarta. Rineksa Cipta
Felder, Richard M. 1994. Cooperative Learning in Technical Corse, (online), (PclldMy%Documentcoop%20report)
Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi research, Jilid I. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algesindo.
Hamdani. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Solo. Pustaka Setia
Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
KBBI. 1996. Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka
Kemmis, S dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Deacin University Press
Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Solo: Pustaka Setia
Margono.1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineksa Cipta
Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press
Nur, Moh.2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. Universitas press. Universitas Negeri Surabaya.
Nur, Muhammad. 1996. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Negeri
Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press
Nurkancana, Wayan. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional
Rustiyah, N,K. 1991 . Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Bina Aksara
Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAUPPAI, Universitas terbuka
Soetomo.1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional
Sudjana, N dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru
Sudjana. 1996. Metode Statistik. Bandung.Tarsito
Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian
Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.
Surakhman, winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineksa Cipta
Syah, muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan baru. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Undang-undang Republik Indonesia No.20 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta: Sinar Grafika
Usman, Moh.Uzer.2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya
Wahyuni, Sri.2001. Studi Tentang Pembelajaran Kooperatif
terhadap Hasil belajar Matematika Siswa Kelas 1 SLTP Negeri 2 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang
DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v8i1.3052
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :