EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XII SMA HANG TUAH TARAKAN
Abstract
menyebabkan pemerintah melakukan pembatasan interaksi sosial yang lebih dikenal dengan
“social distancingâ€. Hal ini memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan
sehingga sebagian besar siswa dan guru di Indonesia melakukan pembelajaran online.
sehingga penting untuk mengetahui efektivitas pembelajaran online terhadap pemahaman
konsep matematika siswa pada pembelajaran tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui sejauh mana kefektivan pembelajaran online terhadap pemahaman konsep
matematika siswa SMA Hang Tuah Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kuantitatif dengan metode deskriptif dimana akan dideskripsikan efektivitas pembelajaran
secara online pada pemahaman konsep matematika siswa dengan aplikasi yang digunakan oleh
guru, Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa efektifitas pembelajaran
daring di kelas XII Mia 3 SMA Hang Tuah Tarakan adalah 52% pada katagori Kurang Baik
yang terdiri dari indikator Efektivitas yaitu 40%, akses 46,67%, Pendampingan 23,33%, Reaksi
Tugas 76,67%, Kesulitan Materi 63,33% , Media 60%, Evaluasi 50% dan Kejelasan Instruksi
80%.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, W. 2018. “Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaranâ€. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, Vol 7 No 1 Hal: 855 – 866
A Kurniasari (2020). “Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19â€. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian dan Hasil Penelitian. Vol 6, No 3.
Hamalik. 2014. “Psikologi Belajar Mengajar†.Bandung: Sinar Baru Algensindo. Hal 46 Kemendikbud, 2020. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/. Diakses tanggal 4 Mei 2020 pada pukul 20:16
Novitasari L dan Leonard. 2017. “Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematikaâ€. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika.Fakultas Teknik, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI. Hal 758-766
Schunk, Dale. H. 2012. Learning Theories: An Educational Perspectives, 6th Edition. New York: Pearson Education Inc.
Sumarmo, Utari. 2010. “Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didikâ€. FPMIPA UPI Bandung.
Stufflebeam, D. L. et al. 1971.Educational Evaluation and Decision Making. Fourth Printing. Illinois: F. E. Peacock Publishers,Inc.
DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v8i1.3055
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :