PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI GERAK DAN GAYA MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM KELAS X TAV SMK NEGERI 2 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
hasil belajar melalui media pembelajaran screencash o-matic dalam aplikasi Google
Classroom. Subjek penulisan ini yaitu hasil belajar peserta didik melalui penerapan media
pembelajaran screencash o-matic dalam aplikasi Google Classroom. Adapun kelas yang akan
digunakan adalah kelas X TAV SMK Negeri 2 Tarakan yang berjumlah 32 orang yang terdiri
dari 8 orang laki-laki dan 24 orang perempuan. Kelas X TAV SMK Negeri 2 Tarakan dipilih
karena peneliti menjadi guru mata pelajaran Fisika dikelasnya. Pengumpulan data dalam
penulisan ini dilakukan melalui observasi, tindakan dan dokumentasi.
Penulisan tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan
tiga kali pertemuan mengajar sehingga terdapat enam kali pertemuan. Digunakan dua siklus
supaya dapat diketahui dengan pasti peningkatan hasil belajar dalam memahami pembelajaran
menggunakan media pembelajaran screencash o-matic dalam aplikasi Google Classroom.
Hasil penulisan membuktikan bahwa dengan media pembelajaran screencash o-matic
dalam aplikasi Google Classroom, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, yang
dibuktikan dengan hasil belajar di setiap aspek pengamatan, tindakan sehingga mengalami
peningkatkan hasil belajar di setiap siklus dan setiap akhir pertemuan mengajar. Untuk hasil
belajar pada siklus I menunjukan peningkatan 37,5% sedangkan pada siklus ke II meningkat
menjadi 84,4% walaupun masih ada 2 orang peserta didik atau 6,3% belum mencapai
ketuntasan dalam pembelajaran maka akan diberikan remedial secara khusus sehingga semua
peserta didik kelas X TAV ini mengalami ketuntasan dalam pembelajaran.
Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media pembelajaran screencash omatic
dalam aplikasi Google Classroom dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik,
sehingga disarankan kepada guru untuk mempersiapkan metode pembelajaran yang tepat
dalam setiap pembelajaran terutama metode pembelajaran serta media yang digunakan di
sekolah sehingga mendukung terlaksanannya proses pembelajaran, menarik dan sesuai dengan
kebutuhan peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Direktorat PGPMPK, Dirjen GTK, Kemendikbud (2019) Pedoman Pemilihan Guru Berprestasi dan Berdedikasi Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Tingkat Nasional Tahun 2019. Jakarta.
https://www.eurekapendidikan.com/201 4/11/model-pembelajaranchildren-learning-in.html. Sri Handayani. Diakses 22 April 2019.
https://areknerut.wordpress.com/2012/12/20/guru-abad-21-2/. Guru Abad 21. Didik Cahyono. Jumat 18 April 2019 pukul 20.42
http://www.kemenperin.go.id/artikel/19094/Industri-4.0-CiptakanEfisiensi-Produksi-dan-ProfesiBaru. Diakses Senin 22 April 2019.
Sukamto.2001.Perubahan Karakteristik Dunia Kerja dan Revitalisasi Pembelajaran Dalam Kurikulum Pendidikan Kejuruan. Pidato Pengukuhan Guru Besar di Universitas Negeri Yogyakarta, tanggal 5 Mei 2008.
Suyanto.2006. Tantangan Profesionalisme Guru Di Era Global. Makalah disampaikan pada Dies Natalis Universitas Negeri Yogyakarta, pada tanggal 21 Mei 2006.
Sumitro,dkk.1998. Pengantar Ilmu Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Tilaar, D.A.R. 2006. Manajemen Pendidikan Nasional. PT.Remaja Rosdakarya, Jakarta 2006.
Wardiman Djojonegoro. 1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui SMK. PT. Jayakarta Agung Offset. Jakarta
DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v8i1.3056
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :