PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MEDIA FUN THINKERS BOOK DI KOTA TARAKAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran Fun Thinkers Book ditinjau dari validasi ahli materi, media, bahasa dan praktisi serta angket respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan alur model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan penelitian yaitu: 1) Â Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaikni pedoman wawancara, lembar validasi, angket respon siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 050 Tarakan. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 90% dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 87,77% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa sebesar 83,33% dengan kategori layak dan ahli praktisi sebesar 86,66% dengan kategori sangat layak. Kemudian hasil respon siswa pada uji coba terbatas sebesar 88,70% dengan kategori sangat layak dan ujicoba lapangan sebesar 95,01% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, media, bahasa, praktisi serta respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan, maka media pembelajaran Fun Thinkers Book dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Sa’dun. 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Andari, K.D dkk. 2020. Pengaruh Pembelajaran Saintifik Terhadap Keterampilan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Borneo Journal of Biology Education. 02 (02:102).
Anjarani, Anti Santika. dkk. 2020. Fun Thinkers Book Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar:Kajian Hipotetik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7 (4:102-109).
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fitriana, Nur Syifa. 2018. Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna pada Pembelajaran Tematik. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung (dipublikasi).
Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. Malang: Literasi Nusantara.
Kibtiah, Mariatul. dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Materi Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 10 (4:830-835).
Purwanti, Sintia. 2019. Pengembangan Media Explosian Magic Box untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Siswa Kelas XI IPS. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta (dipublikasi).
Purwanto. 2019. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003, No.4301. Sekertariat Negara. Jakarta. (Online) https://www.kopertis7.go.id/uploadperaturan/1.%20UU%2020%202003%20Sistem%20pendidikan%20nasional.pdf di akses 19 Juni 2021.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukma, Hanum Hanifa dan Nur Rizky Amalia. 2021. Pengembangan Media Fun Thinkers dalam Melatih Keterampilan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas. 4 (2:114).
Suryadi, Ahmad. 2020. Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid 1. Sukabumi: CV Jejak.
Utami, Isnawati Dwi. 2018. Pengembangan Media Busy Book Materi Aturan dalam Keluarga untuk Kelas III SD Negeri Panggang Sedayu Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta (dipublikasi).
DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v9i2.3390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :