PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG OPERASI HITUNG PADA BILANGAN CACAH MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN WHATSAPP GRUP (WAG) SISWA KELAS IIIA SDN 036 TARAKAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas ini (PTK) adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui pendekatan pembelajaran Inkuiri berbasis WA Grup. Subjek penelitian ini yaitu hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Inkuiri berbasis WA Grup. Adapun kelas yang akan digunakan adalah kelas IIIA SD Negeri 036 Tarakan yang berjumlah 24 orang anak, yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Kelas IIIA dipilih karena peneliti menjadi guru kelasnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, tindakan dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan mengajar. Digunakan dua siklus supaya dapat diketahui dengan pasti peningkatan hasil belajar dalam memahami pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran Inkuiri berbasis WA Grup. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan pendekatan pembelajaran Inkuiri berbasis WA Grup, dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan hasil belajar di setiap aspek pengamatan, tindakan sehingga mengalami peningkatkan hasil belajar di setiap siklus dan setiap akhir pertemuan mengajar. Untuk hasil belajar pada siklus I menunjukan peningkatan 54,2% dengan rata-rata 62,2 sedangkan pada siklus ke II meningkat menjadi 83,3% dengan rata-rata 77,5 walaupun masih ada 2 orang siswa atau 8,3% belum mencapai ketuntasan dalam pembelajaran maka akan diberikan remedial secara khusus sehingga semua siswa kelas IIIA ini mengalami ketuntasan dalam pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran Inkuiri berbasis WA Grup dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga disarankan kepada guru untuk mempersiapkan metode pembelajaran yang tepat dalam setiap pembelajaran terutama metode pembelajaran serta media yang digunakan di sekolah sehingga mendukung terlaksanannya proses pembelajaran, menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
ÂKeywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto,Suharsimi.2006.Penelitian Tin- dakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Adawiyah, R. Analisis isi pesan dakwah dalam materi tasawuf pada kitab al- hikam karya Ibn atha'illah.
Alex Sobur.2004. Analisis Teks Media, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Aminah, S. 2008. Analisis wacana pesan moral dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
Arini, I.K, 2015. Pengembangan Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab. Artikel. Dimyati dan Mujiono.1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Day One Juz (Odoj) Dalam Meningkatkan Minat Tilawah Odojer Di Kota Pekanbaru, hal. 9
Difika, F.2016. Dakwah melalui Instagram (studi analisis materi dakwah dalam Instagram Yusuf Mansur, Felix Siauw, Aa Gym, Arifin Ilham) (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Hutabarat,EP.1988. Cara Belajar, Pedo- man Praktis Untuk Belajar Secara Efesien Dan Efektif. Jakarta : BPK Gunung Mulia
http//www.google.co.id.Type-type Pembe- lajaran Matematika. Diakses 2 Januari 2020
Morrissan. 2013. Teori Komunikasi Indi- vidu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Onong Uchjana Effendy.1992. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nasution,S, 1982. Dedaktik Azas Azas Mengajar. Bandung : Jemars.
Roseffendi. E.T 1979. Pengajaran Mate- matika Moderen. Bandung: Tarsito
Rani Suryani.2017. Fungsi Whatsapp Grup Shalehah Cabang Bandar Lampung sebagai Pengembangan Media Dakwah dalam Membentuk Akhlakul Kharimah (Lampung
:2017), hal. 18.
Sa’dun Akbar 2009 Penelitian Tindakan Kelas Filosofos, Metodologi. Imple- mentasi.CiptaMedia: Yogyakarta.
Sudjana, Nana. 1982. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo : Jakarta
Sudjana, Nana. 1983. Dasar–Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo : Jakarta
Slameto. 2003.Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. PT.Rineka Cipta : Jakarta
Sazali, M. M. 2012. Representasi pesan dakwah dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi: studi analisis wacana Norman Fairclough (Doctoral dissertation, IAIN Sunan Ampel Surabaya).
DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v8i2.3507
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :