PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH RESEARCH STATISTICS DI JURUSAN PENDIDKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

Hariaty Hamid, Irianto Aras

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan pembelajaran berbasis blended learning yang berkualitas, melalui tujuan tersebut maka penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Pengembangan dilakukan mengikuti alur pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Adapun kriteria kualitas yang digunakan merujuk pada kualitas suatu produk oleh Nieveen (2007) yang terdiri dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan. Kevalidan dilihat dari hasil validasi ahli, kepraktisan dilihat dari kelayakan dan keterlaksanaan pembelajaran, dan keefektifan dilihat dari lembar observasi aktivitas mahasiswa, angket respon mahasiswa, dan tes hasil belajar.  Dari hasil ujicoba diperoleh bahwa rancangan dan perangkat pembelajaran telah layak digunakan, respon mahasiswa positif terhadap pembelajaran, aktivitas mahasiswa berada pada kategori cukup aktif, kemampuan dosen mengelola pembelajaran berada pada kategori cukup baik, dan hasil belajar telah tuntas secara klasikal dengan nilai rata-rata 79,37. Dengan demikian, pembelajaran berbasis blended learning telah valid, praktis dan efektif berdasarkan kriteria yang ditentukan dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Dwiyogo, D. Wasis. 2017. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Rajawali Press

McKenney. 2001. Computer-Based Support for Science Education Materials Developers in Africa: Exploring Potentials. Thesis University of Twente, Enschede - With refs - With summary in English and Dutch. PrintPartners Ipskamp, Enschede.

Mitchelmore, M., & White, P. 2004. Abstraction in mathematics and mathematics learning. In Proceedings of the 28th Conference of the International (Vol. 3, pp. 329-336).

Nieveen, Nienke. 1999. Computer Support for Curriculum Developers: a study on the potential of computer support in the domain of formative curriculum evaluation. Thesis University of Twente, Enschede - With refs - With summary in English and Dutch. PrintPartners Ipskamp, Enschede.

_____________. 2007. Formative Evaluation in Eduacational Design Research. dalam Tjeerd Plomp & Nienke Nieveen (Eds). An Introduction of Educational Design Research. Netzodruk, Enschede, SLO. 89-102.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Sallis, Edward. 2002. Total Quality Management in Education, Third Edition. London: Kogan Page Ltd.

Thorne, Kaye. 2003. Blended Learning. How to integrate online & traditional learning. Londo: Kagan Page Limited

Trilling, B & Fadel, C. 2009. 21st-Century Skills: learning for life in our times. US: Jossey-Bass A Willey Imprint




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i1.900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â