PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TARAKAN

Ibrahim Ibrahim, Listiani Listiani, Almaidah Sri Kusprapti

Abstract


Pembelajaran dengan contextual teaching and learning telah menolong para siswa untuk melihat makna di dalam materi pelajaran yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan subyek-subyek pengetahuan yang mereka pelajari dengan konteks dalam kehidupan keseharian mereka, yaitu dengan konteks keadaan pribadi, sosial dan budaya mereka. Penerapan pembelajaran CTL dilakukan dalam tahapan-tahapan lesson study yaitu plan, do dan See. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa yang pada siklus I adalah 53,33 meningkat menjadi 60,10 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan contextual teaching and learning  berbasis lesson study memberikan dampak positif terhadap pembelajaran dan hasil belajar siswa jadi meningkat

Full Text:

PDF

References


Andini, Manon. (2016). Implemntasi Lesson Study untuk peningkatan kualitas proses dan kemandirian belajar mahasoswa. Journal: JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), Volume 2, Nomor 1, Mei 2016 P-ISSN 2443-1591 E-ISSN 2460-0873

Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: PT. Rineka Cipta.

Elaine B. Johnson, (2007). Contextual Teaching and Learning: what it is here to stay (Bandung: Mizan Learning Center (MLC).

Sugiyanto. (2007). Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG): Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta. Online: http://www.pendidikanekonomi.com/2012/03/pengertian-tujuan-dan-strategi.htm

Susilo, (2009). Herawati dkk. Lesson Study berbasis Sekolah (Guru konservatif menuju Guru Inovatif), Malang: Bayume dia publising

Widodo, A. (2008). Lesson study in Indonesia: Introspect and prospect. Proceeding of the International Conference on Lesson Study, Bandung, July 31 – August 2, 2008




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i1.904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â