PENERAPAN TEORI VAN HIELE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SDN 045 TARAKAN

Dedi Kusnadi, A. Wilda Indra Nanna

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas II SDN 045 dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai oleh siswa melalui penerapan teori Van Hiele pada pembelajaran matematika. Kegiatan pembelajaran mengikuti fase-fase pembelajaran geometri menurut teori Van Hiele. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I sebanyak 10 siswa yang tuntas dengan persentase 37,04%, sedangkan pada siklus II sebanyak 24 siswa yang tuntas dengan persentase 88,89%. Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa disebabkan karena adanya perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa seperti siswa sudah memahami unsur-unsur bangun datar dan bahkan mampu menggambar bangun datar (geometri). Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan teori Van Hiele dapat memberikan pengalaman awal bagi siswa dalam memahami geometri. Selain itu, Hasil tanggapan siswa terhadap penerapan teori Van Hiele pada pembelajaran geometri di SDN 045 Tarakan, bahwa siswa dengan mudah memahami materi yang diajarkan, siswa merasakan perbedaan belajar melalui teori Van Hiele dengan belajar seperti biasa, siswa lebih mudah mengingat belajar matematika, siswa sangat aktif, termotivasi, tidak bosan, dan teori Van Hiele sangat bermanfaat untuk belajar matematika. Hasil penelitian ini, dijadikan sebagai acuan penelitian selanjutnya yaitu peningkatan pembelajaran geometri dari tahap  visualisasi ke tahap analitik pada teori Van Hiele, sehingga hasil belajar siswa akan terus meningkat dari satu tahap ke tahap yang lainnya.

Full Text:

PDF

References


Abdussakir. 2010. Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele, (Artikel dimuat dalam El-Hikmah: Jurnal Kependidikan dan Keagamaan, Vol VII Nomor 2, Januari 2010, ISSN 1693-1499).Fakultas Tarbiyah UIN Maliki Malang. http://abdussakir. wordpress.com/2011/02/09/pembelajaran-geometri-sesuai-teori-van-hiele-lengkap/. Diakses 10 Oktober 2018.

Arikunto, Suharsimi. dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Husna, Ismatul. 2016. Penerapan Model Van Hiele Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Tabung Di Kelas Ix SMP Negeri 1 Meureudu.Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh SKRIPSI (Online) https:// repository.ar-raniry.ac.id/574/1/ Ismatul%20Husna.pdf. Di akses pada tanggal 5 Oktober 2018.

Karso, dkk. 2006. Materi Pokok Pendidikan Matematika I Cetakan ke XIV. Jakarta; Universitas Terbuka.

Kusnadi, Dedi. dkk. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Makassar. (Online) Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MaPan) p-ISSN: 2354-6883; e-ISSN: 2581-172X Volume 2, Nomor 1. Diakses 25 Juni 2018).

Nurani, Itsnaniya Fatwa, Edy Bambang Irawan, Cholis Sa’dijah. 2016. Level Berpikir Geometri Van Hiele Berdasarkan Gender Pada siswa Kelas VII SMP Islam Hasanuddin Dau Malang. (Online) Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 5 Bulan Mei Tahun 2016. Hal: 978-983, EISSN: 2502-471X. https ://media.neliti.com/media/publications/211608-level-berpikir-geometri-van-hiele-berdas.pdf. diakses pada tanggal 5 oktober 2018.

Suherman, dkk. 2003. Strategi

Pembelajaran Matematika

Kontemporer. Jakarta: Universitas

Pendidikan Indonesia




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v5i2.999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by 

Google ScholarGaruda

 

 

Flag Counter

Â