ANALISA BEBAN TRANSFORMATOR DISTRIBUSI 3 FASA PADA PENYULANG 1 PT. PLN (PERSERO) ULK TARAKAN

Achmad Budiman, Andi Munair

Abstract


Transformator merupakan salah satu perangkat listrik yang berperan penting dalam pendistribusian energi listrik ke pelanggan. Dalam pendistribusian energi listrik ke pelanggan, terkadang tidak semua energi yang dibangkitkan sampai ke pelanggan karena adanya rugi-rugi yang terjadi pada transformator. Pada penelitian ini penulis melakukan analisa yang terfokus di transformator distribusi 3 fasa pada penyulang 1 yang terdapat di PT. PLN (Persero) ULK Tarakan untuk mengetahui pengaruh ketidakseimbangan beban transfomator distribusi 3 fasa terhadap arus, rugi-rugi daya dan efisiensi transformator. Dari hasil perhitungan analisa data bahwa dari ke-38 transformator yang dapat dikatakan seimbang yang masih memenuhi syarat standar IEEE ada 19 transformator untuk pagi harinya dan 12 transformator untuk malam harinya. Sedangkan yang dapat dikatakan tidak seimbang yang sudah tidak memenuhi standar IEEE ada 19 transformator untuk pagi harinya dan ada 26 transformator untuk malam harinya. Efisiensi akan semakin besar apabila daya masuk dan daya keluar tidak mempunyai selisih yang besar atau efisiensi akan besar apabila rugi-rugi (losses) daya semakin kecil namun sebaliknya. Rugi-rugi (losses) daya akibat arus netral yang mengalir pada penghantar netral dapat dikurangi bila luas penampang di perbesar, namun diperlukan biaya yang besar

Keywords


Transformator 3 fasa; ketidakseimbangan beban; arus netral

Full Text:

PDF

References


Cekdin, Cekmas dan Barlian, Taufik. 2013. Transmisi Daya Listrik. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Handajadi, Wiwik. (2010). “Optimalisasi dan Peningkatan Efesiensi Penggunaan Energi Listrik pada Peralatan Listrik Untuk Proses Kimiaâ€. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi SAINS dan Teknologi. Institu SAINS & Teknologi AKPRINDO. Yogyakarta. Hal. A56-A60

Hidayat, Sopiar Noor. 2017. Analisa Beban Transformator Distribusi 3 Fasa Pada Feeder 3 PT. PLN Nunukan. Skripsi. Tarakan: Univ. Borneo Tarakan.

Kadir, Abdul. 2000. Distribusi dan Utilisasi Tenaga Listrik. Jakarta:Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press)

Siregar, MHD. Arifin. 2013. Analisis Ketidakseimbangan Beban pada Transformator Distribusi Di PT. PLN (Persero) Rayon Panam Pekan Baru. Pekan Baru: Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Suhadi, dkk. 2008. Teknik Distribusi Tenaga Listik Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Tanjung, Abrar. 2012. Analisis Sistem Distribusi 20 kV Untuk Memperbaiki Kinerja dan Keandalan Sistem Distribusi Menggunakan Electrical Transient Analisys Program. Skripsi. Pekan Baru: Univ. Lancang Kuning.

(2017) kmi. [Online]. Available: www.kmi.co.id standart specification: IEC 60202-1




DOI: https://doi.org/10.35334/jeb.v4i2.1292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:

Gedung D Lt. 3 Kampus Universitas Borneo Tarakan. Jl. Amal Lama No. 1, Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Kodepos: 77123.

Email: elektrika@borneo.ac.id
Hp : +62 813-5064-4775

 

All Publications

by JEB (Jurnal Elektrika Borneo)

are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License 


Â